Rabu, 09 Oktober 2024

Essai 1 Meringkas Jurnal Entrepreneurship (Ester T.H. Rumbewas 22310410103)

 

TUGAS ESSAI 1

PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA.

Ester Therecia Hermin Rumbewas

22310410103

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

OKTOBER 2024

 

Judul

Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Pengetahuan Kewirausahan Terhadap Minat Berwirausaha Di Kabupaten Majelengka

Sumber

Abdullah, D., & Septiany, F. R. (2019). Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka). Jurnal CoManagement, 1(3), 316–331. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/c o-management/article/view/124

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 291–314. https://doi.org/10.1097/SCS.0b013e318 240fa84

Permasalahan

Dari data table 1 menunjukkan bahwa 2,89% masyarakat di Kabupaten Majalengka memilih pekerjaan yang aman dengan risiko yang kecil seperti bekerja di instansi pemerintahan, perusahaan swasta, dan sebagainya. Mereka yang memilih untuk mencari pekerjaan berpikir bahwa untuk menjadi karyawan atau pegawai dinilai menjadi pilihan yang lebih mudah dan dapat menjamin kebutuhan hidupnya daripada memulai suatu usaha baru atau berwirausaha dengan risiko yang harus dihadapi sehingga membuat minat mereka untuk berwirausaha rendah.

Tujuan Penelitian

1.       Untuk mengetahui bagaimana pengaruh Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha.

2.       Untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha.

Isi

-          Kewirausahaan

Menurut Meredith dalam Abdullah & Septiany (2019:317) Kewirausahaan berasal dari kata dasar wirausaha. Yang dimaksud dengan wirausaha adalah orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan darinya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan.

-          Minat Berwirausaha

Menurut Purnomo dalam Hendrawan & Sirine (2017:297) minat berwirausaha merupakan sikap dalam berperilaku seseorang untuk berwirausaha dengan kemauan keras, percaya diri, jujur, tanggung jawab, disiplin, sabar dan kreatif.

-          Motivasi Berwirausaha

Schunk, Pintrich & Meege dalam Abdullah & Septiany (2019:318) mengatakan bahwa motivasi merupakan suatu aktivitas fisik dan mental. Aktivitas fisik dapat berupa kegigihan dalam melakukan suatu usaha serta aktivitas lain yang dapat orang lain amati.

-          Pengetahuan Kewirausahaan

Menurut Djaali dalam Hendrawan & Sirine (2017:298) Pengetahuan kewirausahaan adalah keseluruhan apa yang diketahui tentang segala bentuk informasi yang diolah dan berproses dalam ranah kognitif berupa ingatan dan pemahaman tentang cara berusaha sehingga menimbulkan keberanian mengambil resiko secara rasional dan logis dalam menangani suatu usaha

Metode Penelitian

Metode yang digunakan untuk melaksanakan penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan menggunakan metode survey dengan menggunakan pendekatan deskriptif verifikatif.

Hasil

-          Berdasarkan basil analisis deskriptif, diketahui bahwa motivasi berwirausaha berada pada kriteria sangat tinggi dengan skor sebesar 3.443.

-          Pengetahuan kewirausahaan berada pada kriteria sangat tinggi dengan skor sebesar 1.720.

-          Minat berwirausaha berada pada kriteria sangat tinggi dengan skor sebesar 2.568.

Diskusi

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan pada masyarakat Kabupaten Majalengka mengenai motivasi dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, maka peneliti mengambil kesimpulan sebagai berikut :

1. Motivasi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Artinya semakin tinggi motivasi berwirausaha maka akan semakin tinggi pula minat berwirausaha pada masyarakat.

 2. Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Artinya semakin tinggi pengetahuan kewirausahaan maka akan semakin tinggi pula minat berwirausaha pada masyarakat.

 

0 komentar:

Posting Komentar