PSIKOLOGI INOVASI
ESAI
1- MERINGKAS JURNAL ENTREPRENEURSHIP
DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDARI SHINTA, MA
NAZARUDIN
LATIF
22310410082
FAKULTAS
PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
SEPTEMBER 2024
1 |
Topik |
Pengaruh orientasi pasar, orientasi
teknologi, dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis pada kedai
kopi |
2 |
Sumber |
Thioanda, N. N., & Wardhana, A.
(2022). Pengaruh Market Orientation, Technology Orientation, dan
Entrepreneurial Orientation Terhadap Business Performance Pada Usaha Coffee
Shop. Milestone: Journal of Strategic Management, 2(2),
118-130. |
3 |
Tujuan
Penelitian |
Untuk mengetahui pengaruh orientasi
pasar, orientasi teknologi, dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja
usaha pada usaha kedai kopi. |
4 |
Teori/Isi |
Orientasi pasar berfokus pada kemampuan
perusahaan untuk memahami dan merespons kebutuhan serta keinginan konsumen. Orientasi teknologi berkaitan dengan
bagaimana perusahaan mengadopsi dan memanfaatkan teknologi untuk inovasi dan
efisiensi. Orientasi kewirausahaan menekankan sikap
proaktif, inovatif, dan mengambil risiko dalam menjalankan bisnis. |
5 |
Permasalahan |
· Meningkatnya Jumlah Coffee Shop · Tingginya Rivalitas di Pasar · Kebutuhan untuk Mengadopsi Strategi yang Efektif · Pengaruh Orientasi Terhadap Kinerja Tantangan yang
dihadapi oleh usaha coffee shop di Indonesia, terutama dalam konteks
persaingan yang semakin ketat. Perlu mengetahui bagaimana coffee shop
dapat beradaptasi dan bersaing secara efektif di pasar yang semakin
kompetitif dengan memanfaatkan orientasi pasar, teknologi, dan kewirausahaan. |
6 |
Metode
|
Subjek yang pada penelitian ini adalah
bisnis pada sektor industri coffee shop yang berbasis daring.
Adapun brand coffee shop diperoleh melalui survei awal yang dilakukan
dimana terdapat 73 brand coffee shop dan dari 73 brand coffee shop
tersebut diperoleh 40 responden yang berkenan mengisi kuisoner penelitian.
Data tersebut diambil dengan teknik purposive sampling yang kemudian
dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda menggunakan perangkat
lunak SPSS 25. |
7 |
Variabel
dependent |
Variabel dependen : kinerja
bisnis Variabel independen : orientasi pasar,
orientasi teknologi, dan orientasi kewirausahaan |
8 |
Hasil
Penelitian |
Market orientation
bernilai signifikansi sebesar 0,004, yang berarti bahwa market orientation
secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis. Hasil ini
sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa orientasi pasar
memiliki hubungan positif dengan kinerja bisnis. Technology orientation
bernilai signifikansi sebesar 0,281, yang menunjukkan bahwa technology
orientation tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis. Temuan
ini konsisten dengan penelitian Kocak et al. (2017) yang menyatakan bahwa
pengaruh technology orientation terhadap kinerja bisnis mungkin hanya
terlihat dalam jangka waktu yang lebih panjang. Entrepreneurial orientation
bernilai signifikansi sebesar 0,022, yang menunjukkan bahwa entrepreneurial
orientation secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis.
Koefisien variabel ini adalah 0,171, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi
entrepreneurial orientation, semakin baik kinerja bisnis yang dicapai. Hasil uji F menunjukkan pengaruh
simultan dari market orientation, technology orientation, dan entrepreneurial
orientation terhadap kinerja bisnis pada usaha coffee shop. Ini
menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut secara bersama-sama mempengaruhi
kinerja bisnis. |
9 |
Diskusi |
· Relevansi Orientasi Pasar dan Kewirausahaan · Dinamika Persaingan di Industri Coffee Shop · Implikasi Praktis untuk Pemilik Coffee Shop |
10 |
Kesimpulan |
Market orientation
dan entrepreneurial orientation memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja bisnis, sedangkan technology orientation
tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan dalam konteks coffee shop.
Oleh karena itu, disarankan agar coffee shop lebih fokus pada strategi
yang berkaitan dengan orientasi pasar dan kewirausahaan untuk meningkatkan
kinerja mereka. |
0 komentar:
Posting Komentar