Selasa, 01 Oktober 2024

ESAI 1-MERINGKAS JURNAL ENTREPRENEURSHIP

 E1-MERINGKAS JURNAL

 

PSIKOLOGI INOVASI

ESAI 1-MERINGKAS JURNAL ENTREPRENEURSHIP

DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.

 

 

  AUSTANIVA

22310410060

 

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

OKTOBER 2024


Topik

Kelompok Referensi, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian Ulang

Variabel

Independen : Kelompok Referensi, Kualitas Produk, Harga

Dependen : Keputusan pembelian ulang

Sumber

Entrepeneur : Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 5 Nomor 2 Tahun 2024. E-ISSN: 2776-2483, p-ISSN: 2723-1941

Available online http://ejournal.unma.ac.id/index.php/entrepreneur

Permasalahan

Kelompok referensi memberikan pengaruh kuat pada tingkat penjualan produk Scarlett Whitening

Tujuan Penelitian

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kualitas produk, harga penggunaan, dan dampak kelompok referensi terhadap pembeli produk Scarlett Whitening.

Isi

Produk Scarlett Whitening sedang ramai diperbincangkan di media social. Scarlett Whitening merupakan produk lokal Indonesia yang telah berdiri sejak 2017. Walau masih tergolong baru, Scarlett Whitening  berhasil meraih total penjualan mencapai lebih dari Rp. 7 Miliar dalam waktu kurang dari 2 minggu (Sidi, 2022).

Testimoni   dari   kelompok   referensi terdekat   menciptakan   hubungan   emosional dan   kepercayaan,   yang   dapat   memperkuat ikatan   konsumen   dengan   produk   tersebut.Beberapa  kajian  yang  sudah  ada  di  beberapa tahun  terakhir  sudah  banyak  kajian  terkait dengan menyatakan bahwa kelompok referensi   berpengaruh   terhadap   keputusan pembelian  ulang  seperti Menurut  Pramadani (2020); Ajiwibawani dan Edwar (2017).

Kualitas produk yang tinggi akan membawa keunggulan    yang    signifikan,    yang    pada gilirannya  akan  berdampak  positif  pada  citra merek  produk  tersebut(Sofya  &  Purwantoh, 2017). Kualitas  produk  mencakup  berbagai aspek,  termasuk  keefektifan,  keamanan,  dan pengalaman   pengguna.   Keefektifan   produk sangat  penting  bagi  konsumen  yang  mencari hasil     yang     nyata     dan     terlihat     dalam pemutihan  kulit. Keamanan   yang   terjamin   ini menjadi pertimbangan penting dalam keputusan pembelian ulang, karena konsumen  cenderung  memilih  produk  yang tidak    hanya    efektif    tetapi    juga    aman digunakan    dalam    jangka    panjang.

Hawkins     dkk     (2020)     pembelian kembali   sebagai   suatu   kegiatan   membeli kembali     yangdilakukan     oleh     konsumen terhadap  suatu  produk  dengan  merek  yang sama  tanpa  diikuti  olehperasaan  yang  berarti terhadap   produk   tersebut. Blackwell   dkk (2022) keputusan pembelian kembali merupakan  salah  satu  keputusan  pembelian konsumen  yang  diantaranya  dipengaruhi oleh faktor    psikologi    konsumen.    Berdasarkan beberapa     pendapat     ahli     diatas,     maka dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian   ulang   adalah   keputusan   untuk bersedia  menggunakan produk  atau  jasa  yang sama  seperti  sebelumnya  yang  menandakan bahwa  produk  atau  jasa tersebut  memenuhi harapan konsumen.

Metode

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dapat dipahami sebagai metode yang digunakan untuk mempelajari suatu populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data  menggunakan instrument penelitian, analisis data yang bersifat statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.

Hasil

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kelomok referensi, kualitas produk berdampak pada keputusan pembelian ulang, dan harga juga berpengaruh terhadap keputusan pemasaran ulang pada produk Scarlett Whitening.

Diskusi

Untuk penelitian kedepan, karena variable di sini memiliki koefisien determinasi sebesar 78,6% maka selanjutnya perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan memakai variabel lainnya yang belum diteliti. Temuan penelitian ini bias menjadi landasan bagi upaya penelitian di masa depan,khususnya pada subjek yang sama, untuk menghasilkan temuan yang lebih tepat dan andal.


0 komentar:

Posting Komentar