E1-MERINGKAS JURNAL
PSIKOLOGI INOVASI
ESAI 1-MERINGKAS JURNAL
ENTREPRENEURSHIP
DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra.
ARUNDATI SHINTA, MA.
AUSTANIVA
22310410060
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
OKTOBER 2024
Topik |
Kelompok Referensi, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian Ulang |
Variabel |
Independen : Kelompok Referensi, Kualitas Produk, Harga Dependen : Keputusan pembelian ulang |
Sumber |
Entrepeneur : Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 5
Nomor 2 Tahun 2024. E-ISSN: 2776-2483, p-ISSN: 2723-1941 Available online http://ejournal.unma.ac.id/index.php/entrepreneur |
Permasalahan |
Kelompok referensi memberikan pengaruh kuat pada tingkat penjualan produk
Scarlett Whitening |
Tujuan Penelitian |
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kualitas
produk, harga penggunaan, dan dampak kelompok referensi terhadap pembeli
produk Scarlett Whitening. |
Isi |
Produk Scarlett Whitening
sedang ramai diperbincangkan di media social. Scarlett Whitening merupakan produk lokal Indonesia yang telah
berdiri sejak 2017. Walau masih tergolong baru, Scarlett Whitening berhasil meraih total penjualan mencapai
lebih dari Rp. 7 Miliar dalam waktu kurang dari 2 minggu (Sidi, 2022). Testimoni dari
kelompok referensi terdekat menciptakan hubungan
emosional dan kepercayaan, yang
dapat memperkuat ikatan konsumen
dengan produk tersebut.Beberapa kajian
yang sudah ada
di beberapa tahun terakhir
sudah banyak kajian
terkait dengan menyatakan bahwa kelompok referensi berpengaruh terhadap
keputusan pembelian ulang seperti Menurut Pramadani (2020); Ajiwibawani dan Edwar
(2017). Kualitas produk yang tinggi akan
membawa keunggulan yang signifikan, yang
pada gilirannya akan berdampak
positif pada citra merek
produk tersebut(Sofya &
Purwantoh, 2017). Kualitas produk mencakup
berbagai aspek, termasuk keefektifan, keamanan,
dan pengalaman pengguna. Keefektifan produk sangat penting
bagi konsumen yang
mencari hasil yang nyata
dan terlihat dalam pemutihan kulit. Keamanan yang
terjamin ini menjadi
pertimbangan penting dalam keputusan pembelian ulang, karena konsumen cenderung
memilih produk yang tidak hanya
efektif tetapi juga
aman digunakan dalam jangka
panjang. Hawkins dkk
(2020) pembelian
kembali sebagai suatu
kegiatan membeli kembali yangdilakukan oleh
konsumen terhadap suatu produk
dengan merek yang sama
tanpa diikuti olehperasaan yang
berarti terhadap produk tersebut. Blackwell dkk (2022) keputusan pembelian kembali
merupakan salah satu
keputusan pembelian
konsumen yang diantaranya
dipengaruhi oleh faktor
psikologi konsumen. Berdasarkan beberapa pendapat ahli
diatas, maka dapat disimpulkan
bahwa keputusan pembelian ulang adalah
keputusan untuk bersedia menggunakan produk atau
jasa yang sama seperti
sebelumnya yang menandakan bahwa produk
atau jasa tersebut memenuhi harapan konsumen. |
Metode |
Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dapat dipahami sebagai metode
yang digunakan untuk mempelajari suatu populasi atau sampel tertentu,
pengumpulan data menggunakan
instrument penelitian, analisis data yang bersifat statistik, dengan tujuan
untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. |
Hasil |
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh antara kelomok referensi, kualitas produk berdampak pada
keputusan pembelian ulang, dan harga juga berpengaruh terhadap keputusan
pemasaran ulang pada produk Scarlett
Whitening. |
Diskusi |
Untuk penelitian kedepan, karena variable di sini memiliki koefisien
determinasi sebesar 78,6% maka selanjutnya perlu dilakukan penelitian lanjutan
dengan memakai variabel lainnya yang belum diteliti. Temuan penelitian ini
bias menjadi landasan bagi upaya penelitian di masa depan,khususnya pada
subjek yang sama, untuk menghasilkan temuan yang lebih tepat dan andal. |
0 komentar:
Posting Komentar