E1-MERINGKAS
JURNAL
PSIKOLOGI INOVASI
ESAI 1-MERINGKAS JURNAL
ENTREPRENEURSHIP
DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra.
ARUNDATI SHINTA, MA.
22310410007
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
OKTOBER 2024
TOPIK
|
strategi
pemasaran digital Awesam Store dan Distortion Merch, serta dampak terhadap
kinerja UMKM selama pandemi COVID-19 dan era Revolusi Industri 4.0. |
VARIABEL |
Variabel
Independen : Strategi pemasaran digital Variabel
Dependen : Kinerja usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) |
SUMBER |
"Jurnal
Entrepreneur dan Entrepreneurship, Volume 5, Nomor 1, Maret 2016" |
PERMASALAHAN |
Amelia
Setyawati, Rayyan Sugangga, Farij Ibadil Maula, Adelia Rahma. "Digital
Marketing Business Strategy to MSME Performance in the Industrial Revolution
4.0 Era." JEE, Vol. 12, No. 1, March 2023, 19–32. |
TUJUAN
PENELITIAN |
Menganalisis
strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh UMKM, khususnya sektor
fashion, dan dampak terhadap kinerja usaha UMKM selama pandemi COVID-19 dan
era Revolusi Industri 4.0 |
ISI |
Penelitian
ini meneliti bagaimana digital marketing membantu UKM di era industri 4.0. Melihat
fenomena UKM yang sangat menarik dan berkembang pesat, maka strategi UKM
dengan teknologi perlu dikaji secara mendalam sehingga para pelaku dalam bisnis
pakaian (distribusi). Survei ini mencakup enam pemilik dan staf distribusi. |
METODE |
Metode
kualitatif yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian
ini melibatkan wawancara mendalam dengan pemilik dan staf dari enam usaha
mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta analisis data menggunakan model Miles
dan Huberman yang mencakup reduksi data, presentasi data, dan penarikan
kesimpulan. |
HASIL |
Awesam
Store dan Distortion Merch, telah memberikan dampak positif terhadap kinerja
usaha mereka, terutama selama pandemi COVID-19. Temuan utama mencakup:
Media
sosial telah mengubah cara pemasaran bagi UmkM memungkinkan penggunanya
menjangkau lebih banyak orang.
Kekhawatiran
privasi konsumen dan kebutuhan untuk menyeimbangkan sumber daya manusia
dengan teknologi tetap ada.
Penelitian menekankan pentingnya perencanaan
strategis, pemahaman pasar, dan inovasi dalam sektor distribusi pakaian untuk
meningkatkan kinerja usaha.
Kerangka
SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan
ancaman yang dihadapi oleh kedua merek.
UMKM perlu mengadopsi strategi digital untuk
meningkatkan kinerja dan berkontribusi pada pengembangan ekonomi lokal di era
Revolusi Industri 4.0. |
DISKUSI |
Bagaimana
strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh Awesam Store dan Distortion
Merch dapat mempengaruhi kinerja usaha mereka. Penelitian menunjukkan bahwa
meskipun kedua merek menghadapi tantangan dalam mengimplementasikan strategi
digital, mereka berhasil memanfaatkan platform digital untuk memperluas
jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Kedua
merek memiliki kekuatan dalam hal memiliki lini produksi sendiri dan kualitas
produk yang terjaga, yang memungkinkan mereka untuk bersaing di pasar yang
lebih luas. Namun, mereka juga menghadapi kelemahan, seperti kurangnya
profesionalisme dalam pengelolaan strategi pemasaran digital dan
ketidakpastian dalam menargetkan audiens yang tepat. Diskusi
juga menyoroti pentingnya perencanaan strategis dan pemahaman pasar dalam
mengoptimalkan penggunaan teknologi digital. Dengan adanya kerangka SWOT,
kedua merek dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan kinerja mereka,
seperti memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce untuk menjangkau
konsumen yang lebih luas. Secara
keseluruhan, jurnal ini menekankan bahwa adopsi strategi digital yang efektif
sangat penting bagi UMKM untuk bertahan dan berkembang di era Revolusi
Industri 4.0, terutama dalam konteks pemulihan pasca-pandemi COVID-19 |
0 komentar:
Posting Komentar