E1-MERINGKAS
JURNAL
PSIKOLOGI INOVASI
ESAI 1-MERINGKAS JURNAL
ENTREPRENEURSHIP
DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra.
ARUNDATI SHINTA, MA.
ROSITA
22310410108
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
OKTOBER 2024
TOPIK |
Pendidikan dan pelatihan
kewirausahaan, Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha |
VARIABEL |
Variabel independen: Pendidikan
dan Pelatihan Entrepreneurship Variabel dependen: Motivasi
Berwirausaha Mahasiswa. |
SUMBER |
Yani S. M. -. A. B. "Pengaruh Pendidikan dan
Pelatihan Entrepreneurship terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa dalam
Meningkatkan Industri Pariwisata (Studi Kasus Mahasiswa/i AMIK BSI
Tasikmalaya)." Jurnal Khatulistiwa
Informatika, vol. 8, no. 2, 5 Sep. 2017. |
PERMASALAHAN |
Sebagian besar Mahasiswa belum
memiliki sikap kewirausahaan sehingga kurangnya motivasi mahasiswa untuk
berbisnis kuliner dalam mengembangkan ekonomi kreatif di lingkungan Amik BSI
Tasikmalaya maupun diluar lingkungan Amik BSI Tasikmalaya. |
TUJUAN PENELITIAN |
Mengetahui pengaruh pendidikan dan
pelatihan entrepreneurship terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa di AMIK
BSI Tasikmalaya dalam meningkatkan Industri Pariwisata. |
ISI |
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship)
terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa di AMIK BSI Tasikmalaya, terutama
dalam konteks peningkatan industri pariwisata. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui
wawancara dan angket, dan dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas,
asumsi klasik, regresi, serta uji F dan t. |
METODE |
Metode yang digunakan dalam jurnal
ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif yang
didukung oleh survei. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket. Analisis dilakukan menggunakan uji
validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, serta
uji F dan uji t untuk menguji hipotesis. Pendekatan ini bertujuan untuk
menguji pengaruh pendidikan dan pelatihan kewirausahaan terhadap motivasi
berwirausaha mahasiswa di AMIK BSI Tasikmalaya |
HASIL |
● Pendidikan
kewirausahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi
berwirausaha mahasiswa dengan nilai t hitung sebesar 3,078, yang lebih besar
dari t tabel. ● Pelatihan kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan
terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa, dengan nilai t hitung -0,721, yang
lebih kecil dari t tabel. ● Secara simultan, pendidikan dan pelatihan kewirausahaan
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa,
dengan nilai F hitung 6,678 lebih besar dari F tabel 2,920. |
DISKUSI |
Pendidikan kewirausahaan terbukti
memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi berwirausaha mahasiswa.
Namun, pelatihan kewirausahaan tidak menunjukkan hasil yang signifikan, yang
menunjukkan adanya faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi mahasiswa
dalam berwirausaha. Pelatihan perlu ditingkatkan agar mahasiswa dapat
mempraktekkan teori yang diperoleh, sehingga dapat memberikan dampak yang
lebih nyata pada motivasi mereka |
0 komentar:
Posting Komentar