Selasa, 01 Oktober 2024

ESAI 1-MERINGKAS JURNAL ENTREPRENEURSHIP

 

E1-MERINGKAS JURNAL

 

PSIKOLOGI INOVASI

ESAI 1-MERINGKAS JURNAL ENTREPRENEURSHIP

DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.

 

 

ROSITA

22310410108

 

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

OKTOBER 2024


TOPIK

Pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha

VARIABEL

Variabel independen: Pendidikan dan Pelatihan Entrepreneurship

Variabel dependen: Motivasi Berwirausaha Mahasiswa.

SUMBER

Yani S. M. -. A. B. "Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Entrepreneurship terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa dalam Meningkatkan Industri Pariwisata (Studi Kasus Mahasiswa/i AMIK BSI Tasikmalaya)." Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 8, no. 2, 5 Sep. 2017.

PERMASALAHAN

Sebagian besar Mahasiswa belum memiliki sikap kewirausahaan sehingga kurangnya motivasi mahasiswa untuk berbisnis kuliner dalam mengembangkan ekonomi kreatif di lingkungan Amik BSI Tasikmalaya maupun diluar lingkungan Amik BSI Tasikmalaya.

TUJUAN PENELITIAN

Mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan entrepreneurship terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa di AMIK BSI Tasikmalaya dalam meningkatkan Industri Pariwisata.

ISI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship) terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa di AMIK BSI Tasikmalaya, terutama dalam konteks peningkatan industri pariwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket, dan dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi, serta uji F dan t.

METODE

Metode yang digunakan dalam jurnal ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif yang didukung oleh survei. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket.

Analisis dilakukan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, serta uji F dan uji t untuk menguji hipotesis. Pendekatan ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikan dan pelatihan kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa di AMIK BSI Tasikmalaya​

HASIL

     Pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa dengan nilai t hitung sebesar 3,078, yang lebih besar dari t tabel.

 Pelatihan kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa, dengan nilai t hitung -0,721, yang lebih kecil dari t tabel.

 Secara simultan, pendidikan dan pelatihan kewirausahaan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa, dengan nilai F hitung 6,678 lebih besar dari F tabel 2,920.

DISKUSI

Pendidikan kewirausahaan terbukti memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi berwirausaha mahasiswa. Namun, pelatihan kewirausahaan tidak menunjukkan hasil yang signifikan, yang menunjukkan adanya faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi mahasiswa dalam berwirausaha. Pelatihan perlu ditingkatkan agar mahasiswa dapat mempraktekkan teori yang diperoleh, sehingga dapat memberikan dampak yang lebih nyata pada motivasi mereka





0 komentar:

Posting Komentar