Rabu, 02 Oktober 2024

E1 Meringkas Jurnal Enterpreneurship_AHMAD FARIS DANARDANA_22310410080

 

PENGEMBANGAN JIWA ENTERPRENEURSHIP BAGI GENERASI MUDA MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN

PSIKOLOGI INOVASI

ESAI 1-MERINGKAS JURNAL ENTERPRENEURSHIP

DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.

 



 

AHMAD FARIS DANARDANA

22310410080

 

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

OKTOBER 2024

 

 

 

 

 

 

 

Topik

Jiwa entrepreneurship, generasi muda, kewirausahaan

Sumber

Latifah Wulandari Binti Asbaruna, R. I. (2022). PENGEMBANGAN JIWA ENTERPRENEURSHIP BAGI GENERASI MUDA MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN. Vol. 2, No. 3 Mei 2022., 2, 104-107.

 

Permasalahan

 

Peserta memiliki kekurangan dalam hal pengetahuan entrepreneurship belum terlalu paham dengan konsep berjualan secara online, dan masih bingung dalam mencari distributor yang menjual produk lebih murah

Tujuan Peneliti

Untuk pengembangan jiwa entrepreneurship bagi generasi muda melalui pelatihan kewirausahaan.

Isi

·         Selama pengabdian, kegiatan dilakukan dengan cara yang adaptif atau luwes sesuai dengan kebutuhan, kondisi dan keadaan. Pada saat kegiatan pengabdian, pendekatan yang dilakukan adalah praktek, dimana seluruh peserta langsung diajak praktek melalui diskusi santai. Mereka diberikan kebebasan untuk bertanya dan praktek sesuka mereka.

·         Peserta dengan latar belakang pedagang memiliki kekurangan dalam hal pengetahuan entrepreneurship, dimana para peserta dari kalangan pedagang memiliki jiwa usaha yang lebih baik, namun mereka belum terlalu paham dengan konsep berjualan secara online, dan masih bingung dalam mencari distributor yang menjual produk lebih murah. Peserta dengan latar belakang kerja serabutan memiliki semangat belajar yang tinggi, namun banyak hal yang dikeluhkan yakni terkait modal dan jenis usaha apa yang akan dijalankan.

·         Keingintahuan yang besar mendorong sikap para remaja untuk mau belajar apapun dengan catatan cara belajarnya harus menyenangkan, dengan metode ngobrol santai dan juga mengizinkan mereka untuk ngemil agar para peserta lebih antusias didalam belajar.

Metode

·         Ini penelitian kualitatif karena penelitian ini bisa mendiskripsikan peran peserta dalam konsep dasar entrepreneurship.

·         Penjelasan teoritis, dengan pemaparan materi mengenai konsep dasar entrepreneurship, cara mengelola bisnis, dan strategi pemasaran.

·         Penjelasan entrepreneurship oleh pelaku usaha, dengan penjelasan pengalaman dari usaha yang sudah dilakukan, termasuk keuntungan dan risiko yang dihadapi.

·         Diskusi, para peserta mengajukan beberapa pertanyaan dan pemateri menjelaskan secara relevan.

·         Evaluasi, untuk mengetahui kelayakan dan hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Hasil

·         Peserta mendapatkan kemanfaatan diantaranya mengetahui pentingnya pengetahuan dibidang kewirausahaan memudahkan para peserta dalam mengembangkan semangat entrepreneurship, memulai usaha menjadi lebih menarik dan tidak menakutkan. Pengetahuan baru dalam mengembangkan jiwa entrepreneurship yang benar membuat hilangnya keraguan dan ketakutan yang muncul dalam memulai usaha.

·         Manfa’at jangka panjangnya adalah para peserta termotivasi untuk terus mengikuti berbagai pelatihan kewirausahaan, sehingga di kemudian hari dapat mendirikan usaha yang sesuai dengan bidangnya dan sesuai karakteristik dan minatnya.

Diskusi

·         Banyaknya kendala utama yang dihadapi generasi muda dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan di Indonesia dapat kita perbaiki dengan belajar tentang entrepreneurship.

·         Peran pemerintah dan swasta sangat penting dalam mendukung pengembangan kewirausahaan generasi muda

 

 

0 komentar:

Posting Komentar