PENGEMBANGAN JIWA ENTERPRENEURSHIP BAGI GENERASI MUDA MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN
PSIKOLOGI INOVASI
ESAI 1-MERINGKAS JURNAL ENTERPRENEURSHIP
DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.
AHMAD FARIS DANARDANA
22310410080
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA
OKTOBER 2024
Topik |
Jiwa entrepreneurship, generasi muda, kewirausahaan |
Sumber |
Latifah Wulandari Binti Asbaruna, R. I. (2022). PENGEMBANGAN JIWA ENTERPRENEURSHIP BAGI GENERASI MUDA MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN. Vol. 2, No. 3 Mei 2022., 2, 104-107.
|
Permasalahan
|
Peserta memiliki kekurangan dalam hal pengetahuan entrepreneurship belum terlalu paham dengan konsep berjualan secara online, dan masih bingung dalam mencari distributor yang menjual produk lebih murah |
Tujuan Peneliti |
Untuk pengembangan jiwa entrepreneurship bagi generasi muda melalui pelatihan kewirausahaan. |
Isi |
· Selama pengabdian, kegiatan dilakukan dengan cara yang adaptif atau luwes sesuai dengan kebutuhan, kondisi dan keadaan. Pada saat kegiatan pengabdian, pendekatan yang dilakukan adalah praktek, dimana seluruh peserta langsung diajak praktek melalui diskusi santai. Mereka diberikan kebebasan untuk bertanya dan praktek sesuka mereka. · Peserta dengan latar belakang pedagang memiliki kekurangan dalam hal pengetahuan entrepreneurship, dimana para peserta dari kalangan pedagang memiliki jiwa usaha yang lebih baik, namun mereka belum terlalu paham dengan konsep berjualan secara online, dan masih bingung dalam mencari distributor yang menjual produk lebih murah. Peserta dengan latar belakang kerja serabutan memiliki semangat belajar yang tinggi, namun banyak hal yang dikeluhkan yakni terkait modal dan jenis usaha apa yang akan dijalankan. · Keingintahuan yang besar mendorong sikap para remaja untuk mau belajar apapun dengan catatan cara belajarnya harus menyenangkan, dengan metode ngobrol santai dan juga mengizinkan mereka untuk ngemil agar para peserta lebih antusias didalam belajar. |
Metode |
· Ini penelitian kualitatif karena penelitian ini bisa mendiskripsikan peran peserta dalam konsep dasar entrepreneurship. · Penjelasan teoritis, dengan pemaparan materi mengenai konsep dasar entrepreneurship, cara mengelola bisnis, dan strategi pemasaran. · Penjelasan entrepreneurship oleh pelaku usaha, dengan penjelasan pengalaman dari usaha yang sudah dilakukan, termasuk keuntungan dan risiko yang dihadapi. · Diskusi, para peserta mengajukan beberapa pertanyaan dan pemateri menjelaskan secara relevan. · Evaluasi, untuk mengetahui kelayakan dan hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. |
Hasil |
· Peserta mendapatkan kemanfaatan diantaranya mengetahui pentingnya pengetahuan dibidang kewirausahaan memudahkan para peserta dalam mengembangkan semangat entrepreneurship, memulai usaha menjadi lebih menarik dan tidak menakutkan. Pengetahuan baru dalam mengembangkan jiwa entrepreneurship yang benar membuat hilangnya keraguan dan ketakutan yang muncul dalam memulai usaha. · Manfa’at jangka panjangnya adalah para peserta termotivasi untuk terus mengikuti berbagai pelatihan kewirausahaan, sehingga di kemudian hari dapat mendirikan usaha yang sesuai dengan bidangnya dan sesuai karakteristik dan minatnya. |
Diskusi |
· Banyaknya kendala utama yang dihadapi generasi muda dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan di Indonesia dapat kita perbaiki dengan belajar tentang entrepreneurship. · Peran pemerintah dan swasta sangat penting dalam mendukung pengembangan kewirausahaan generasi muda |
0 komentar:
Posting Komentar