Rabu, 02 Oktober 2024

Psikologi Inovasi : E1 Meringkas Jurnal ( Resdika Meihaf Putra / 22310410089 )

 PSIKOLOGI INOVASI

ESAI 1-MERINGKAS JURNAL ENTERPRENEURSHIP

DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.





RESDIKA MEIHAF PUTRA

22310410089


FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

OKTOBER/2024


Tugas mereview jurnal penelitian adalah tugas yang gampang-gampang sulit. Tugas itu gampang bagi orang yang senang menulis dan membaca secara kritis. Sulit bagi orang yang senang bekerja secara klumpukan atau menunggu tugas-tugas banyak sehingga mereview jurnal menjadi terlantar. Kualitas review menjadi buruk. Sebetulnya, seberapa sulit membuat review tersebut? Syarat untuk membuat review jurnal adalah tidak perlu menulis semua isi jurnal. Hanya butir-butir penting dan relevan saja yang ditulis. Apa saja butir-butir tersebut? Butir-butir tersebut yakni topik, sumber, teori, permasalahan, metode, hasil penelitian, dan diskusi. Agar bisa cepat membuat review jurnal, memang butuh latihan. Selain itu, pembuat review memang harus benar-benar mencintai topik besar dari jurnal. Topik besar dari contoh review ini adalah pemasaran.


Topik

Strategi pemasaran digital dalam membangun brand awareness pada brand minuman Haus! di Indonesia

Sumber

Artikel ini bersumber dari penelitian kualitatif yang menggunakan wawancara mendalam dengan narasumber dari berbagai latar belakang, seperti manajer pemasaran, ahli digital marketing, dan beberapa konsumen

Link =https://gudangjurnal.com/index.php/gjmi/article/view/714/628

Teori

Penelitian ini berfokus pada teori pemasaran digital, brand awareness, dan perilaku konsumen. Teori pemasaran digital mencakup penggunaan teknologi digital untuk promosi, sementara teori brand awareness menekankan pentingnya kesadaran merek dalam keputusan pembelian konsumen.

Permasalahan

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi digital marketing dapat membangun brand awareness yang kuat, khususnya pada brand minuman seperti Haus!

Metode

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam yang dilakukan pada lima narasumber melalui purposive sampling. Narasumber yang dipilih memiliki keterlibatan langsung dengan brand Haus! atau sebagai konsumen yang interaktif

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Haus! menerapkan strategi pemasaran digital seperti pembuatan konten di media sosial, promosi melalui platform e-commerce, kolaborasi dengan influencer, dan penggunaan iklan di media sosial seperti Facebook Ads dan Instagram Ads. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan brand awareness dan engagement pelanggan.

Diskusi


Meskipun strategi yang diterapkan efektif, terdapat kendala dalam konsistensi pembuatan konten dan perlunya lebih jeli dalam mengikuti tren pasar. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan frekuensi dan variasi metode promosi untuk mencapai hasil yang lebih optimal.








0 komentar:

Posting Komentar