Rabu, 02 Oktober 2024

Psikologi_E1_Meringkas Jurnal Entrepreneurship_Chelsea Oktavia Anjani 22310410027

 

PSIKOLOGI INOVASI

ESAI 1-MERINGKAS JURNAL ENTREPRENEURSHIP

DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.

 

Analisis Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Keterampilan Berwirausaha



Chelsea Oktavia Anjani

22310410027 (Karyawan SP)

 

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

10/2024

 

Topik

Pendidikan, Kewirausahaan, Keterampilan Berwirausaha

Sumber

Brammantio., Ekasari, N., & Asmani, J. (2023). Analisis Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Keterampilan Berwirausaha. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) 12 (2), 572-584

Permasalahan

Pengangguran menjadi masalah serius di Indonesia yang masih sulit diatasi.Program pemerintah untuk mengurangi pengangguran belum mampu mengurangi pengangguran secara signifikan.Penyebabnya karena jumlah penduduk yang besar dan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat, tidak disertai bertambahnya lapangan kerja.Pada tahun 2017 sampai 2019 pengangguran terbuka menurut pendidikan yang ditamatkan juga terhitung masih tinggi.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap keterampilan berwirausaha. Variabel Independen ( variabel X) dalam penelitian ini adalah pendidikan kewirausahaan sedangkan variabel dependen (variabel Y) dalam penelitian ini yaitu keterampilan berwirausaha. Objek dalam penelitian ini yaitu siswa dan siswi SMK Negeri 1 Kerinci.

 

Isi

-         Pendidikan kewirausahaan merupakan upaya menginternalisasikan jiwa dan mental kewirausahaan baik melalui institusi pendidikan maupun institusi lain seperti lembaga pelatihan, training dan sebagainya. Salah satu cara untuk meningkatkan wirausahawan di indonesia adalah dengan dilaksanakanya pendidikan kewirausahaan sejak dibangku sekolah..

-         Pendidikan kewirausahaan tidak hanya memberikan landasan teoritis mengenai konsep kewirausahaan tetapi membentuk sikap, perilaku, dan pola pikir (mindset) seorang wirausaha.Hal ini merupakan investasi modal untuk mempersiapkan siswa dalam memulai bisnis baru melalui integrasi pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan penting untuk mengembangkan dan memperluas sebuah bisnis. Generasi muda menjadi target utama program pendidikan kewirausahaan.

Metode

-         Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif dengan studi analisis faktor menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data.

-         Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Skala Interval yang digunakan dibagi menjadi 5 poin dengan menggunakan skalalikert.

-         Uji instrumen penelitian yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Ditambah dengan uji Asumsi Klasik yaitu Uji Normalitas dan Uji Heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji F (uji simultan), uji t (uji parsial) dan uji R2 (Uji Koefisien Determinan) dengan bantuan software SPSS versi 25.0.

Hasil

-         Hasil pra survey dari 30 orang responden di kelas XI dan XII dengan memberikan 5 pertanyaan mengenai pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap keterampilan berwirausaha di SMK Negeri 1 Kerinci, menunjukan rata-rata responden memberikan jawaban bahwa mereka tertarik untuk berwirausaha, dimana persentase rata-rata dari 5 pertanyaan diatas lebih dari 50% responden setuju bahwa pendidikan kewirausahaan yang mereka peroleh memiliki pengaruh dalam keterampilan berwirausaha mereka. Melihat hasil survey tersebut, siswa SMK Negeri 1 Kerinci perlu memiliki pendidikan Kewirausahaan dan Keterampilan Berwirausaha yang tinggi untuk membantu siswa dalam membuat peluang usaha yang lebih baik lagi

-         Hasil dari penelitian ini ialah terdapat pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap variabel Keterampilan Berwirausaha. Selain itu, Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap Keterampilan Berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Kerinci

Diskusi

-         Diharapkan dengan adanya pendidikan kewirausahaan ini tidak hanya sekedar belajar dikelas saja dan ketika praktikum saja, tetapi juga menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

-         Dengan adanya penilitian ini diharapkan bisa menjadi bahan acuan dan referensi dalam melakukan penelitian serupa tepi pada lokasi yang berbeda dan menambahkan variabel baru dalam penelitiannya.Sehingga penelitian tentang pendidikan kewirausahaan ini dapat mengikuti perkembangan zaman

 

Daftar Pustaka:

Brammantio., Ekasari, N., & Asmani, J. (2023). Analisis Pengaruh Pendidikan

Kewirausahaan Terhadap Keterampilan Berwirausaha. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) 12 (2), 572-584

0 komentar:

Posting Komentar