Jumat, 01 November 2024

Esai-1 Psikologi Inovasi (Meringkas Jurnal Entrepreneurship) - Risa Jois Amara - 22310410075 - Kelas A

PENGARUH ENTREPRENEURIAL INTENTION TERHADAP ENTREPRENEURIAL ACTION DENGAN GOAL COMMITMENT DAN ACTION - EMOTION SEBAGAI MODERATOR 

Esai-1 Psikologi Inovasi (Meringkas Jurnal Entrepreneurship )

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA.


Topik

Pengaruh Entrepreneurial Intention Terhadap Entrepreneurial Action dengan Goal Commitment dan Action-Emotion sebagai Moderator

Sumber

Satria, K. A., & Saiman. (2017) Entrepreneurial Intention Terhadap Entrepreneurial Action dengan Goal Commitment dan Action-Emotion sebagai Moderator. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. 6, 21-40.

Permasalahaan

Masalah Utama: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana intensitas berwirausaha mempengaruhi tindakan berwirausaha dan peran komitmen tujuan  serta emosi tindakan (aksi-emosional) sebagai moderator.

Tujuan penelitian

·       Untuk mengetahui pengaruh intensitas berwirausaha terhadap tindakan berwirausaha dengan komitmen tujuan dan emosi tindakan sebagai moderator.

·        Untuk mengidentifikasi bagaimana komitmen tujuan dan tindakan emosi mempengaruhi intensitas proses translasi menjadi tindakan berwirausaha

Isi

·       Penelitian ini dimulai dengan latar belakang yang menjelaskan peran penting pelaku usaha dalam pertumbuhan ekonomi. Fokus pada pelajar sebagai generasi berikutnya yang diharapkan memulai karir sebagai pengusaha.

·       Penelitian ini menggunakan teori perilaku terencana (TPB) dan model acara kewirausahaan (EEM) untuk menjelaskan proses penerjemahan intensitas menjadi tindakan berwirausaha. Komitmen tujuan dan emosi tindakan diidentifikasi sebagai faktor yang mempengaruhi proses ini.

·       Action doubt yang dimaksud berupa ketidaktahuan bagaimana untuk memulai dalam konteks proses membangun sebuah usaha. Hal ini menyebabkan perasaan bimbang antara layak atau tidaknya dan efek yang akan diterima jika melakukan tindakan tersebut. Action fear merupakan perasaan takut dalam mengambil tindakan yang diakibatkan kebimbangan dan situasi yang penuh resiko. Goal commitment merupakan salah satu penentu tercapainya sebuah tujuan (Locke & Latham, 1990). Dalam konteks mendirikan sebuah usaha setiap pengusaha pasti memiliki tujuan untuk dicapai. Tujuan untuk menciptakan sebuah usaha baru bagi pengusaha yang baru ingin melakukannya termasuk hal sulit tetapi jika individu memiliki komitmen pada tujuan yang kuat.

Metode

·       Penelitian ini dilakukan pada 39 peserta program mahasiswa wirausaha Universitas Airlangga Surabaya periode 2016. Variabel penelitian diukur menggunakan skala-skala penelitian terdahulu yang telah disesuaikankan ke dalam bahasa Indonesia. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dan analisis regresi moderat (MRA) dengan bantuan program SPSS versi 24.

·       Metode pengambilan data menggunakan teknik survei yaitu dengan menggunakan kuesioner-kuisioner yang ada dan didistribusikan secara online.

Hasil

Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas berwirausaha secara signifikan mempengaruhi tindakan berwirausaha (Sig. 0,001<0,05, R square: 0,288, b: 0,316). Namun efek moderasi hanya terdapat pada variabel komitmen tujuan yang secara signifikan memperlemah (Sig. 0,021<0,05, R square: 0,501, b3: -0,057).

Diskusi

·       Dinamika yang terjadi pada mahasiswa dalam menyikapi masalah-masalah yang ada ketika mencoba untuk mewujudkan keinginannya untuk memiliki sebuah usaha. Tindakan emosi seperti tindakan ragu, tindakan enggan, dan tindakan takut dapat menghambat proses penerjemahan intensitas menjadi tindakan nyata. Komitmen tujuan diidentifikasi sebagai kekuatan yang mengikat individu dengan tujuan, yang dapat memperkuat proses ini.

·       Ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam memahami proses penerjemahan intensitas berwirausaha menjadi tindakan berwirausaha, serta peran komitmen tujuan dan emosi tindakan sebagai moderator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas berwirausaha secara signifikan mempengaruhi tindakan berwirausaha, namun efek moderasi hanya terletak pada variabel komitmen tujuan. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk memahami dinamika yang terjadi pada mahasiswa dalam proses berwirausaha.

 



0 komentar:

Posting Komentar