PENGARUH ENTREPRENEURIAL INTENTION TERHADAP ENTREPRENEURIAL ACTION DENGAN GOAL COMMITMENT DAN ACTION - EMOTION SEBAGAI MODERATOR
Esai-1 Psikologi Inovasi (Meringkas Jurnal Entrepreneurship )
Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA.
Topik
|
Pengaruh
Entrepreneurial Intention Terhadap Entrepreneurial Action dengan Goal
Commitment dan Action-Emotion sebagai Moderator |
Sumber
|
Satria,
K. A., & Saiman. (2017) Entrepreneurial Intention Terhadap
Entrepreneurial Action dengan Goal Commitment dan Action-Emotion sebagai
Moderator. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, Fakultas
Psikologi Universitas Airlangga. 6, 21-40. |
Permasalahaan
|
Masalah
Utama: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana intensitas
berwirausaha mempengaruhi tindakan berwirausaha dan peran komitmen
tujuan serta emosi tindakan
(aksi-emosional) sebagai moderator. |
Tujuan
penelitian |
·
Untuk mengetahui pengaruh intensitas berwirausaha
terhadap tindakan berwirausaha dengan komitmen tujuan dan emosi tindakan
sebagai moderator. ·
Untuk
mengidentifikasi bagaimana komitmen tujuan dan tindakan emosi mempengaruhi
intensitas proses translasi menjadi tindakan berwirausaha |
Isi
|
·
Penelitian ini dimulai dengan latar belakang yang
menjelaskan peran penting pelaku usaha dalam pertumbuhan ekonomi. Fokus pada
pelajar sebagai generasi berikutnya yang diharapkan memulai karir sebagai
pengusaha. ·
Penelitian ini menggunakan teori perilaku terencana
(TPB) dan model acara kewirausahaan (EEM) untuk menjelaskan proses
penerjemahan intensitas menjadi tindakan berwirausaha. Komitmen tujuan dan
emosi tindakan diidentifikasi sebagai faktor yang mempengaruhi proses ini. ·
Action doubt yang dimaksud berupa ketidaktahuan bagaimana
untuk memulai dalam konteks proses membangun sebuah usaha. Hal ini
menyebabkan perasaan bimbang antara layak atau tidaknya dan efek yang akan
diterima jika melakukan tindakan tersebut. Action fear merupakan perasaan
takut dalam mengambil tindakan yang diakibatkan kebimbangan dan situasi yang
penuh resiko. Goal commitment merupakan salah satu penentu tercapainya sebuah
tujuan (Locke & Latham, 1990). Dalam konteks mendirikan sebuah usaha
setiap pengusaha pasti memiliki tujuan untuk dicapai. Tujuan untuk
menciptakan sebuah usaha baru bagi pengusaha yang baru ingin melakukannya
termasuk hal sulit tetapi jika individu memiliki komitmen pada tujuan yang
kuat. |
Metode
|
·
Penelitian ini dilakukan pada 39 peserta program
mahasiswa wirausaha Universitas Airlangga Surabaya periode 2016. Variabel
penelitian diukur menggunakan skala-skala penelitian terdahulu yang telah
disesuaikankan ke dalam bahasa Indonesia. Teknik analisis data menggunakan
regresi sederhana dan analisis regresi moderat (MRA) dengan bantuan program
SPSS versi 24. ·
Metode pengambilan data menggunakan teknik survei
yaitu dengan menggunakan kuesioner-kuisioner yang ada dan didistribusikan
secara online. |
Hasil
|
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa intensitas berwirausaha secara signifikan
mempengaruhi tindakan berwirausaha (Sig. 0,001<0,05, R square: 0,288, b:
0,316). Namun efek moderasi hanya terdapat pada variabel komitmen tujuan yang
secara signifikan memperlemah (Sig. 0,021<0,05, R square: 0,501, b3:
-0,057). |
Diskusi
|
·
Dinamika yang terjadi pada mahasiswa dalam menyikapi
masalah-masalah yang ada ketika mencoba untuk mewujudkan keinginannya untuk
memiliki sebuah usaha. Tindakan emosi seperti tindakan ragu, tindakan enggan,
dan tindakan takut dapat menghambat proses penerjemahan intensitas menjadi
tindakan nyata. Komitmen tujuan diidentifikasi sebagai kekuatan yang mengikat
individu dengan tujuan, yang dapat memperkuat proses ini. ·
Ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam
memahami proses penerjemahan intensitas berwirausaha menjadi tindakan
berwirausaha, serta peran komitmen tujuan dan emosi tindakan sebagai
moderator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas berwirausaha secara
signifikan mempengaruhi tindakan berwirausaha, namun efek moderasi hanya
terletak pada variabel komitmen tujuan. Penelitian ini dapat digunakan
sebagai referensi untuk memahami dinamika yang terjadi pada mahasiswa dalam
proses berwirausaha. |
0 komentar:
Posting Komentar