Rabu, 02 Oktober 2024

PSIKOLOGI INOVASI ESAI 1- MERINGKAS JURNAL ENTERPRENEURSHIP

 

PSIKOLOGI INOVASI

ESAI 1- MERINGKAS JURNAL ENTERPRENEURSHIP

DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.


Nama :

Vina Anggraini Yosi  Ningrum

Nim   :

22310410105

 

 

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

2024

 

 

 

 

 

Topik

Motivasi Berwirausaha, Sikap Kewirausahaan, Penelitian Kualitatif

Sumber

Hidayat, N., Ganefri, Yulastri, A., Muslim, & Setiawan, Y. (2022). Hubungan antara Motivasi Berwirausaha dengan Sikap Kewirausahaan bagi Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education.

 

Permasalahan

Rendahnya motivasi mahasiswa dalam berwirausaha menjadi perhatian serius dari berbagai pihak termasuk pemerintah, kalangan pendidikan, dunia industri, dan masyarakat. Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap kewirausahaan mahasiswa, baik dari internal maupun eksternal, seperti motivasi kewirausahaan yang dipengaruhi oleh lingkungan pembelajaran dan keluarga. Mahasiswa memiliki motivasi untuk berwirausaha, namun kurang siap, belum berani, dan tidak memiliki kesempatan untuk mendalami kewirausahaan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat hubungan motivasi berwirausaha dengan sikap kewirausahaan.

 

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui hubungan antara motivasi berwirausaha dengan sikap kewirausahaan bagi mahasiswa

 

Isi

1.     Distribusi Sikap Kewirausahaan: Dari 35 responden, sikap kewirausahaan terbagi dalam beberapa kategori, dengan 31% berada dalam kategori "cukup baik" dan 29% dalam kategori "baik".

2.     Distribusi Motivasi Berwirausaha: Motivasi berwirausaha juga menunjukkan hasil yang positif, dengan 26% responden dalam kategori "cukup baik" dan 23% dalam kategori "baik".

3.     Uji Normalitas: Data untuk kedua variabel terdistribusi normal.

4.     Regresi dan Korelasi: Analisis regresi menunjukkan hubungan linier antara motivasi berwirausaha (X) dan sikap kewirausahaan (Y) dengan rumus Ŷ = 39,26 + 0,693X. Koefisien korelasi sebesar 0,688 menunjukkan hubungan yang signifikan antara kedua variabel..

5.     Koefisien Determinasi: Sikap kewirausahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha, dengan koefisien determinasi sebesar 47,39%, yang berarti 47,39% variasi dalam motivasi berwirausaha dapat dijelaskan oleh sikap kewirausahaan

6.     Tingkat Sikap dan Motivasi: Sikap kewirausahaan berada pada tingkat baik (75,23%) dan motivasi berwirausaha juga baik (72,80%)

7.     Saran untuk peneliti selanjutnya: Disarankan untuk memperbanyak sampel dalam penelitian selanjutnya dan mengeksplorasi faktor lain seperti bakat, minat, dan pengaruh lingkungan terhadap kewirausahaan.

 

Metode

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik regresi dan korelasional. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta melalui observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji normalitas dan pengujian hipotesis

Diskusi

Tingkatan motivasi mahasiswa dalam melakukan usaha berdasarkan pada data yang dikumpulkan dari pengisian kusioner maka didapatkan nilai pada 53-134, yang memiliki nilai sebesar 98,90 memperlihatkan nilai rata-rata dengan kriteria sedang jika dari sisi capaiannya dengan rata-rata nilai standar yakni dengan nilai yang didapatkan 71,64% dan dapat digolongkan dengan kategori baik. Yang mana hasil ini sesuai dengan hasil riset terdahulu yang memperlihatkan adanya keterkaitan secara baik dan signifikan antara pembelajaran tentang berwirausaha terhadap ketertarikan untuk berwirausaha.

 

Lalu, Tingkatan sikap untuk bewirausaha yang berasal dari data isian kusioner maka didapatkan nilai bentangan dari 39-126, yang memiliki nilai rata-rata sebesar 92,28 ini memperlihatkan nilai rata-rata yang dapat digolongkan cukup baik hasil ini dapat dianalisa pada tercapainya di nilai rata-rata standar yakninya dengan level ketercapaiannya 69,36% dapat digolongkan dengan kategori baik juga.

 

Selanjutnya, untuk korelasi antara motivasi berwirausaha dengan sikap kewirausahaan didapatkan korelasi yang baik dan signifikan antara motivasi berwirausaha dengan sikap kewirausahaan pada mahasiswa jurusan teknik otomotif fakultas teknik UNP padang dengan nilai 0,688.

Hasil

Hasil penelitian tingkat motivasi dan sikap berwirausaha mahasiswa dalam kategori “baik”. Analisis hubungan antara motivasi berwirausaha terhadap sikap kewirausahaan dengan product moment, diperoleh skor 0,655, dengan koefisien determinasi 53,40%, dan diketahui variabel untuk sikap berwirausaha memiliki hubungan terhadap variabel motivasi untuk berwirausaha dengan nilai 54,40%. Dengan demikian bahwa motivasi berwirausaha sangat erat hubungannya dengan sikap kewirausahaan seseorang.

 

 



0 komentar:

Posting Komentar