Rabu, 02 Oktober 2024

PSIKOLOGI INOVASI ESAI 1-MERINGKAS JURNAL ENTERPRENEURSHIP_ADITYA NUR IHSAN 22310410133

 

PSIKOLOGI INOVASI

ESAI 1-MERINGKAS JURNAL ENTERPRENEURSHIP

DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.

 



 

ADITYA NUR IHSAN

22310410133

 

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

OKTOBER/2024

 


Tugas mereview jurnal penelitian adalah tugas yang gampang-gampang sulit. Tugas itu gampang bagi orang yang senang menulis dan membaca secara kritis. Sulit bagi orang yang senang bekerja secara klumpukan atau menunggu tugas-tugas banyak sehingga mereview jurnal menjadi terlantar. Kualitas review menjadi buruk. Sebetulnya, seberapa sulit membuat review tersebut? Syarat untuk membuat review jurnal adalah tidak perlu menulis semua isi jurnal. Hanya butir-butir penting dan relevan saja yang ditulis. Apa saja butir-butir tersebut? Butir-butir tersebut yakni topik, sumber, teori, permasalahan, metode, hasil penelitian, dan diskusi. Agar bisa cepat membuat review jurnal, memang butuh latihan. Selain itu, pembuat review memang harus benar-benar mencintai topik besar dari jurnal. Topik besar dari contoh review ini adalah pemasaran.

Topik

Manajemen pemasaran online pada bisnis camilan makaroni "Huhhah" di Yogyakarta menggunakan Instagram. Fokus pada strategi pemasaran kreatif dan inovatif di tengah persaingan yang ketat.

Sumber

 

Penelitian dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pemilik dan staf Macaroni Huhhah serta observasi lapangan.

Link = https://journal.umy.ac.id/index.php/bti/article/view/5461

Teori

 

Strategi pemasaran menggunakan media sosial, khususnya Instagram, dan pendekatan pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion).

Permasalahan

 

Bagaimana Macaroni Huhhah meningkatkan penjualan produk di tengah dominasi brand lain yang lebih besar, seperti Makaroni Ngehe, dengan memanfaatkan strategi pemasaran online.

Metode

 

Penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis data kualitatif interaktif (pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Data diuji menggunakan teknik triangulasi.

Hasil Penelitian

 

Macaroni Huhhah menggunakan Instagram sebagai platform utama untuk mempromosikan produknya. Strategi pemasaran melibatkan fitur Instagram seperti like, komentar, caption, dan hashtag. Menggunakan strategi 4P untuk menjangkau lebih banyak konsumen dengan produk beragam, harga kompetitif, promosi kreatif, dan penempatan yang fleksibel (offline dan online).

Diskusi

 

Meski berada dalam posisi sebagai follower di pasar makaroni, Macaroni Huhhah mampu menciptakan ceruk pasar dengan memaksimalkan fitur Instagram dan layanan GoFood. Evaluasi terhadap respons publik membantu memperbaiki strategi pemasaran dan meningkatkan visibilitas produk melalui caption dan hashtag yang relevan.

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar