Essay 1:
Meringkas Jurnal Entrepreneurship
Psikologi Inovasi
Pengaruh
Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan
Bersaing Pada UKM Di Jalanan Kota Kediri
Dosen Pengampu: Dr.
Dra. Arundati Shinta, M.A
Nama: Oktaviana
Wahyuningtyas
Nim: 22310410106
Fakultas
Psikologi
Universitas
Proklamasi 45 Yogyakarta
Topik |
Strategi keunggulan UKM di jalanan kota kediri |
Variabel |
Variabel dependen: keunggulan UKM di jalanan kota kediri Variabel independent: orientasi pasar, inovasi dan orientasi
kewirausahaan |
Sumber |
Rahmadi, A.N., Jauhari, T., & Dewandaru, B. (2020). Pengaruh
orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan
bersaing pada UKM di jalanan kota kediri. Jurnal
Ekbis. 21(2). 178-188. https://jurnalekonomi.unisla.ac.id |
Permasalahan |
Persaingan usaha yang ketat pada UKM di jalanan |
Tujuan penelitian |
Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa pengaruh orientasi pasar,
inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap persaingan UKM jalanan. |
Isi |
Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki kontribusi yang penting dalam
membantu meningkatkan pendapatan daerah. UKM lebih fleksibel dalam membatu
pemerintah untuk menciptakan lapangan pekerjaan. UKM dituntut untuk bisa
beradaptasi dan berubah dengan cepat agar tidak ketinggalan dengan
perusahaan-perusahaan lain. Usaha kecil tidak cukup hanya memiliki keunggulan
bersaing, tapi juga dituntut untuk menghasilkan produk yang memiliki daya
saing yang tinggi antara lain: 1. Produk yang dijual tersedia secara teratur
dan sinambung, 2) produk yang dijual harus memiliki kualitas yang baik dan
seragam, 3) variasi produk harus dapat disediakan sesuai dengan kebutuhan dan
permintaan pasar (Jayaningrum and Sanawiri 2018). Orientasi pasar menurut Fatah (2013) adalah suatu konsep
multidimensional dimana konsep dapat dirumuskan melalui konsep: orientasi
pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi lintas-fungsi. Orientasi pasar
sebagai budaya organisasi yang paling efektif dan efesien untk menciptakan
perilaku-perilaku yang dibutuhkan untuk menciptakan superior value bagi
pembeli dan menghasilkan superior performance bagi perusahaan, apa lagi dalam
lingkungan yang bersaing ketat (Narver and Slater 1990). Inovasi bisa menjadi faktor penentu keberhasilan dalam mencapai
keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Adanya persaingan bisnis yang ketet
antar perusahaan di pasar global sebabkan adanya dorongan dari lingkungan
bisnis yang berubah-rubah. Hal tersebut memotivasi perusahaan untuk memiliki
strategi inovasi pada memenangkan persaingan pasar global. Orintasi kewirausahaan disebut-sebut sebagai spearheas (pelopor) untuk
mewujudkan pertumbuhan ekonomi perusahaan berkelanjutan dan berdaya saing
tinggi. Perusahaan yang berorientasi kewirausahaan akan selalu berupaya
menghasilkan produk-produk baru yang inovasi dan memiliki keberanian untuk
menghadi resiko (Becherer and Maurer 1998). |
Metode |
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasinya
adalah penguasa UKM yang ada di jalan Erlangga dan Hayam Wuruk Kota Kediri
yang berjumlah 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan probability sampling (Sugiyono 2010). Menggunakan
wawancara, studi pustaka, observasi dan kuesioner untuk memperoleh data. |
Hasil |
Variabel orientasi pasar yang terdiri daro orientasi pelanggan,
orientasi pesaing dan informasi pasar dapat berpengaruh positif pada
keunggulan bersaing. Didukung oleh penelitian Alwi dan Handayani 2018 bahwa
orientasi pasar berpengaruh positif terhadap variabel keunggulan bersaing,
semakin tinggi orientasi pasar akan semakin tinggi pula keunggulan bersaing. Inovasi yang semakin tinggi akan berpengaruh negative terhadap
keunggulan bersaing. Di saat pandemi jika pengusaha meningkatkan inovasi
tidak akan berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Karena semakin banyak
biaya yang dikeluarkan dan kurangnya minat pembeli menurun saat pandemic.
Hasil penelitian ini berbeda dengan Alwi and Handayani (2018) yang mengatakan
bahwa inovasi bepengaruh terhadap keunggulan bersaing. Orientasi kewirausahaan mempunyai pengaruh positif terhadap keunggulan
bersaing. Semakin tinggi nilai kebijakan pengusaha terhadap orientasi
kewirausahaan, akan berpengaruh kepada keunggulan orientasi. Didukung oleh
penelitian Fatmawati (2016) bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif
terhadap keunggulan bersaing. |
Diskusi |
Pengaruh positif antara orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan
terhadap keunggulan bersaing secara parsial. Dan untuk variabel inovasi
berpengaruh negative terhadap keunggulan bersaing secara parsial. Orientasi
pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap keunggulan
bersaing secara simultan. |
0 komentar:
Posting Komentar