Rabu, 02 Oktober 2024

Essay 1: Meringkas Jurnal Entrepreneurship Psikologi Inovasi

 

Essay 1: Meringkas Jurnal Entrepreneurship

Psikologi Inovasi

Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM Di Jalanan Kota Kediri

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A


Nama: Oktaviana Wahyuningtyas

Nim: 22310410106

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Topik

Strategi keunggulan UKM di jalanan kota kediri

Variabel

Variabel dependen: keunggulan UKM di jalanan kota kediri

Variabel independent: orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan

Sumber

Rahmadi, A.N., Jauhari, T., & Dewandaru, B. (2020). Pengaruh orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing pada UKM di jalanan kota kediri. Jurnal Ekbis. 21(2). 178-188. https://jurnalekonomi.unisla.ac.id

Permasalahan

Persaingan usaha yang ketat pada UKM di jalanan

Tujuan penelitian

Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa pengaruh orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap persaingan UKM jalanan.

Isi

Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki kontribusi yang penting dalam membantu meningkatkan pendapatan daerah. UKM lebih fleksibel dalam membatu pemerintah untuk menciptakan lapangan pekerjaan. UKM dituntut untuk bisa beradaptasi dan berubah dengan cepat agar tidak ketinggalan dengan perusahaan-perusahaan lain. Usaha kecil tidak cukup hanya memiliki keunggulan bersaing, tapi juga dituntut untuk menghasilkan produk yang memiliki daya saing yang tinggi antara lain: 1. Produk yang dijual tersedia secara teratur dan sinambung, 2) produk yang dijual harus memiliki kualitas yang baik dan seragam, 3) variasi produk harus dapat disediakan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar (Jayaningrum and Sanawiri 2018).

Orientasi pasar menurut Fatah (2013) adalah suatu konsep multidimensional dimana konsep dapat dirumuskan melalui konsep: orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi lintas-fungsi. Orientasi pasar sebagai budaya organisasi yang paling efektif dan efesien untk menciptakan perilaku-perilaku yang dibutuhkan untuk menciptakan superior value bagi pembeli dan menghasilkan superior performance bagi perusahaan, apa lagi dalam lingkungan yang bersaing ketat (Narver and Slater 1990).

Inovasi bisa menjadi faktor penentu keberhasilan dalam mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Adanya persaingan bisnis yang ketet antar perusahaan di pasar global sebabkan adanya dorongan dari lingkungan bisnis yang berubah-rubah. Hal tersebut memotivasi perusahaan untuk memiliki strategi inovasi pada memenangkan persaingan pasar global.

Orintasi kewirausahaan disebut-sebut sebagai spearheas (pelopor) untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi perusahaan berkelanjutan dan berdaya saing tinggi. Perusahaan yang berorientasi kewirausahaan akan selalu berupaya menghasilkan produk-produk baru yang inovasi dan memiliki keberanian untuk menghadi resiko (Becherer and Maurer 1998).

Metode

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah penguasa UKM yang ada di jalan Erlangga dan Hayam Wuruk Kota Kediri yang berjumlah 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan probability sampling (Sugiyono 2010). Menggunakan wawancara, studi pustaka, observasi dan kuesioner untuk memperoleh data.

Hasil

Variabel orientasi pasar yang terdiri daro orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan informasi pasar dapat berpengaruh positif pada keunggulan bersaing. Didukung oleh penelitian Alwi dan Handayani 2018 bahwa orientasi pasar berpengaruh positif terhadap variabel keunggulan bersaing, semakin tinggi orientasi pasar akan semakin tinggi pula keunggulan bersaing.

Inovasi yang semakin tinggi akan berpengaruh negative terhadap keunggulan bersaing. Di saat pandemi jika pengusaha meningkatkan inovasi tidak akan berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Karena semakin banyak biaya yang dikeluarkan dan kurangnya minat pembeli menurun saat pandemic. Hasil penelitian ini berbeda dengan Alwi and Handayani (2018) yang mengatakan bahwa inovasi bepengaruh terhadap keunggulan bersaing.

Orientasi kewirausahaan mempunyai pengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. Semakin tinggi nilai kebijakan pengusaha terhadap orientasi kewirausahaan, akan berpengaruh kepada keunggulan orientasi. Didukung oleh penelitian Fatmawati (2016) bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing.

Diskusi

Pengaruh positif antara orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing secara parsial. Dan untuk variabel inovasi berpengaruh negative terhadap keunggulan bersaing secara parsial. Orientasi pasar, inovasi dan orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap keunggulan bersaing secara simultan.

 

 

 



0 komentar:

Posting Komentar