Rabu, 02 Oktober 2024

PSIKOLOGI INOVASI ESAI 1 – MERINGKAS JURNAL ENTERPRENEURSHIP

 

PSIKOLOGI INOVASI

ESAI 1 – MERINGKAS JURNAL ENTERPRENEURSHIP

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA





 Afini Musyarofah Jundi

22310410113

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Oktober 2024

TOPIK

Membangun Jiwa Pebisnis Melalui Kreasi Rumah Honai Di Kalangan Remaja HBM

SUMBER

https://doi.org/10.61132/jukerdi.v1i4.261

PERMASALAHAN

Menumbuhkan  jiwa  kewirausahaan  pada  mahasiswa  dan  generasi  muda

TUJUAN PENELITIAN

Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu:

1.      Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada remaja, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan limbah dalam berbagai industri.

2.      Membangun jiwa pebisnis di kalangan remaja.

3.      Membantu  melestarikan  budaya  lokal  dan  memberikan  kontribusi  positif  terhadap perkembangan ekonomi.

METODE

Metode yang  di  gunakan  ialah Asset-Based Community  Development (ABCD)  merupakan  salah  satu  pendekatan  dalam  pengembangan masyarakat dengan menggunakan aset.

ISI, HASIL DAN PEMBAHASAN

Membangun Jiwa Pembisnis atau Wirausahawan

Menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda merupakan isu nasional yang penting dan perlu didukung oleh program pemerintah untuk memberdayakan masyarakat agar dapat meningkatkan  daya  saing  ekonomi  Indonesia  di  era  globalisasi. Pembentukan jiwa kewirausahaan perlu dimulai sejak  dini,  termasuk  dalam  lingkungan  pendidikan,  untuk  memastikan  generasi  muda  siap menghadapi tantangan masa depan dan berperan aktif dalam pembangunan bangsa (Syarifah et al., 2022).

Namun  remaja  HBM  lebih  meminati bidang olahraga seperti sepakbola, atau futsal dari pada beriwira usaha, maka dari itu perlu adanya dorongan baik dari, pemerintah, toko adat/agama, tokoh masyarakat atau mahasiswa  yang  dapat menjadi perantara  pendorong  minat  remaja HBM dalam  menekuni    bidang  usaha. Sehingga salah satu cara kreatif yang bisa ditempuh untuk membangun jiwa wirausaha di kalangan remaja adalah dengan memperkenalkan kreasi Rumah Honai.

Kewirausahaan merupakan sikap, jiwa, dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, bernilai, dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Ini mencakup sikap mental dan jiwa yang selalu aktif, kreatif, inovatif, dan berdedikasi dalam meningkatkan pendapatan melalui usaha sehingga orang yang berkarakter wirausaha tidak pernah puas dengan pencapaian mereka dan  selalu  berusaha  untuk  lebih  baik.

Berdasarkan penelitian Cecilia et al. (2021), faktor-faktor seperti memulai bisnis dengan niat dan keyakinan, kecepatan dalam melihat  peluang,  mempelajari  kisah  sukses  wirausahawan  lain,  ketersediaan  modal,  fokus dalam berwirausaha, dan kemampuan menjual merupakan kunci untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan.

Pengembangan jiwa kewirausahaan  merupakan   proses  yang bertahap serta berkelanjutan yang memerlukan komitmen untuk terus belajar, dan kemauan  untuk   mengatasi ketidaknyamanan. Oleh karena itu, kolaborasi dari berbagai pihak sangat penting untuk menciptakan ekosistem yang mendukung pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda.

 

Menggabungkan Inovasi, Budaya, dan Kewirausahaan Rumah Honai

Rumah Honai, rumah adat Papua, tidak hanya menjadi simbol warisan budaya tetapi juga representasi  inovasi  dan  kreativitas (Auwe  et  al.,  2023). Melibatkan  remaja  dalam pembuatan Rumah Honai memiliki beberapa manfaat, yaitu;

1.     Menjadi  wadah  bagi  remaja  untuk  mengembangkan  keterampilan bisnisnya. 

2.     Remaja dapat  belajar tentang  riset  pasar,  analisis  target  audiens,  dan  manajemen  keuangan. serta dapat mengembangkan  kemampuan  pemasarannya  dengan  mempromosikan Rumah Honai kepada calon  konsumen.

3.     Mengembangkan kesadaran dan apresiasi  budaya sehingga dapat menghargai pentingnya  melestarikan  dan  memajukan  keanekaragaman  tradisi serta budaya Indonesia.

 

Hasil Penelitian

Penelitian ini menujukkan bahwa pemberdayaan remaja dengan membuat Rumah Hanoi dapat menimbulkan kreativitas dan minat bisnis pada  remaja  HBM.

 


0 komentar:

Posting Komentar