Senin, 03 April 2023

Essay 1 Meringkas Surat Kabar Psikologi Sosial oleh Afni Ambar Sari NIM 22310410124

 



Topik

Kepemimpinan yang melayani masyarakat dan peternak mengenai kebersihan lingkungan agar tidak terjangkit virus negatif disekitar.

Sumber

Drh.Nawang Wulan (2023) : Kontribusi kepemimpinan yang melayani para masyarakat  tentang kebersihan lingkungan agar tidak terjangkit virus negatif. Tribun jogja.com .4 Maret 2023, hal.6.

Ringkasan

Drh. Nawang Wulan datang ke Sleman, Yogyakarta menyatakan sejumlah sapi yang mati akibat penyakit Lumpy Skin Diseace (LSD) di kabupaten tersebut bertambah dari bulan maret 2023, tercatat bulan kemarin berjumlah hanya 11 sapi , namun bulan april 2023 meningkat menjadi 28, Upaya pengurangan saat ini masih rutin untuk melakukan proses pemulihan dan pengobatan pada hewan yang terinfeksi virus tersebut, namun dikabupaten Bantul, Yogyakarta itu sudah mencapai batas sangat tidak relevan karena sudah berjumlah ratusan ekor sapi yang terjangkit virus kulit yang menyebabkan kematian pada hewan ternak, terhitung mencapai 525 ekor hewan ternak, lalu pihak berwenang juga tidak hanya diam saja dan masih melakukan proses pemulihan pada hewan tersebut dibantu oleh masyarakat dan peternak hewan.

Ringkasan (Lanjutan)

• Pihak terkait yaitu Kepala Dinas Pertanian,Pangan dan Perikanan ( DP3), Ir.Suparmono menghimbau dan memberitahu bahwa beliau sekaligus rekannya sudah melakukan pengurangan secara bertahap dan sudah ada sedikit hasil yaitu menambah nafsu makan pada hewan ternak dan mengurangi dengan pengobatan untuk bentolan-bentolan pada kulit ternak di kabupaten Sleman, Yogyakarta

•Kabupaten Bantul, Yogyakarta virus yang terinfeksi pada kulit hewan malah semakin meningkat, dan belum ada uji Laboratorium karena keterbatasan anggaran untuk menguji virus Lumpy Skin Diseace baik di kabupaten Sleman maupun di kabupaten Bantul.

Permasalahan

Ini artikel tentang deviasi positif. "Pemimpin yang waspada akan bahaya yang akan mengancam masyarakat. Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan menginstruksikan masyarakat untuk membersihkan kandang ternaknya”

Opini saya

-Adanya Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DP3) pada kejadian ini sudah sangat luar biasa karena dorongan untuk menstabilkan atau mengamankan lingkungan sekitar peternakan agar mengurangi penularan itu sangat luar biasa, karena juga mengurangi dampak negatif pada hewan ternak.

-Cara Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) serta masyarakat khususnya peternak untuk mengurangi virus terinfeksi pada kulit hewan itu sangat memotivatif karena menjaga kestabilan dan menjaga kelestarian kebersihan lingkungan ternak agar virus susah menjangkit ke kulit hewan serta dengan mensterilkan pola makan pada sapi secara teliti dan hati-hati serta terima dengan segala konsekuensinya.

- Hal-hal yang saya lakukan pada kehidupan sehari-hari saya dan di masyarakat adalah saya selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga pola makan yang teratur karena virus tersebut bisa saja terjangkit pada manusia jika tidak dijaga hal positifnya.

 



0 komentar:

Posting Komentar