Kamis, 28 Desember 2023

Esai 4 psikologi lingkungan ARISYAHDAN J HI A.RAHIM 22310420199

 

PSIKOLOGI LINGKUNGAN

ARISYAHDAN J HI A.RAHIM

22310420199

DOSEN: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

Pembuatan parsel dan bahan baku pembuatan sabun

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Poto dirumah buk dosen DOSEN: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA


Kalender merupakan barang yang sering kita jumpai di rumah atau kantor. Setiap tahun, kalender selalu berganti sesuai dengan tahun baru. Sayangnya, banyak orang yang langsung membuang kalender bekas begitu saja tanpa memanfaatkannya lagi. Padahal, kalender bekas sebenarnya masih bisa dimanfaatkan menjadi barang yang berguna, salah satunya adalah tas.

 

Membuat tas dari kalender bekas bisa menjadi pilihan yang menarik dan kreatif. Selain ramah lingkungan karena memanfaatkan barang bekas, membuat tas dari kalender bekas juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan di waktu luang. Lagipula bahan bakunya mudah didapatkan dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

 

Cara membuat tas dari kalender bekas cukup mudah. Bahan utama yang dibutuhkan adalah kalender bekas, lem, gunting, cutter, dan aksesoris tambahan seperti resleting, ritsleting, atau tali sebagai pegangan tas. Kalender yang dipilih sebaiknya kalender dengan kertas tebal dan bagian depannya memiliki desain menarik sehingga bisadi perbaiki bagian luarnya

 

Langkah pertama adalah menggunting kalender menjadi beberapa bagian sesuai dengan ukuran dan bentuk tas yang diinginkan. Bagian depan dan belakang tas nantinya bisa dibuat dari sampul kalender. Sedangkan badan tas bisa dibuat dari lembaran-lembaran kertas di dalamnya. Lem bagian depan dan belakang sampai merekat, lalu biarkan mengering.

 

Setelah lem kering, beri lapisan lem di tepian bagian dalam tas kemudian tempelkan potongan-potongan kertas kalender untuk membentuk badan tas. Rapikan bagian pinggirannya agar rekat pas. Setelah selesai menempel semua bagian badan tas, biarkan lem mengering secara sempurna agar hasilnya lebih rapi dan kuat.

 

Jika ingin memberi kantung atau pembatas di dalam tas, bisa menggunakan kertas kalender yang dipotong-potong dan diplitur di bagian tepinya. Tambahkan juga aksesoris pelengkap tali untuk memperindah tampilannya.

 

Tas kalender bisa dihias dengan berbagai macam aksesoris sesuai selera dan kreativitas masing-masing. Misalnya dengan tambahan gambar ikan atau burung agar lebih cantik.

Kelebihan dari tas buatan sendiri dari kalender bekas ini selain murah dan mudah dibuat, juga bisa menjadi ide kreatif sebagai hadiah atau bingkisan untuk orang terdekat. Selain itu, membuat tas dari kalender bekas juga sekaligus ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan barang yang sebenarnya masih layak pakai.

 

Begitulah cara membuat dan memanfaatkan kalender bekas menjadi sebuah tas yang unik dan menarik. Daripada membuang sia-sia, lebih baik kalender bekas kita kreasikan menjadi benda baru yang berguna. Siapa tahu malah bisa menjadi peluang bisnis jika banyak yang tertarik dengan tas kalender buatan tangan kita.

0 komentar:

Posting Komentar