Kamis, 28 Desember 2023

Esai UAS Psikologi Lingkungan SP Vina Anggraini Yosi Ningrum (22310410105)

 

 Peranan Unilever terhadap Bank Sampah di Masyarakat

Psikologi Lingkungan

Essay Ujian Akhir Semester

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta

 

 

Vina anggraini yosi ningrum

22310410105

Psikologi SP

 

 

Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 

 

Contoh kesadaran anekdotal ini adalah ketika seseorang mengamati tumpukan sampah rumah tangga

 Anda mungkin berpikir bahwa meskipun sampah berpotensi diolah menjadi pupuk organik atau produk daur ulang lainnya, sampah tersebut juga bisa menjadi sampah tidak berguna yang hanya berbau dan menimbulkan  penyakit

Persepsi terhadap lingkungan hidup adalah cara-cara individu memahami dan menerima stimulus lingkungan yang dihadapinya. Proses pemahaman tersebut menjadi lebih mudah karena individu mengaitkan objek yang diamatinya dengan pengalaman tertentu, dengan fungsi objek, dan dengan menciptakan makna-makna yang terkandung dalam objek itu. Penciptaan makna-makna itu terkadang meluas, sesuai dengan kebutuhan individu (Fisher, Bell, & Baum, 1984).

Menghadapi sampah rumah tangga yang terus bertambah, membuat individu berusaha untuk mengatasi stress(coping behavior). Apabila usaha individu mengatasi stress itu sukses maka ia melakukan adaptasi atau melakukan adjustment. Contoh perilaku adaptasi itu antara lain mengolah sampah menjadi pupuk. Contoh .

Apabila usaha individu dalam mengatasi stress ternyata gagal dan terjadi berulang kali, maka situasi itu akan membuat seseorang selalu merasa tidak mampu untuk dapat mengelola sampah. Istilah ini dalam psikologi yaitu learned helplessness.

            Dalam hubungannya dengan UU No. 18 Tahun 2008 yang mengatur tentang pengelolaan sampah di Indonesia dengan melindungi lingkungan hidup, kesehatan masyarakat, dan sumber daya alam termasuk didalamnya pengolahan sampah dengan 3R. Persepsi dan perilaku orang-orang justru sering bertolak belakang dengan UU tersebut. Menurut saya hal ini terjadi karena persepsi negatif Sebagian besar masyarakat dimana mereka merasa tidak mampu untuk dapat mengolah sendiri sampah mereka.

Misalnya ketika masyarakat mencoba membuang sampah sendiri namun gagal karena keterbatasan kapasitas dan biaya

 Jika mereka terus gagal dalam menangani sampah, maka  mereka akan merasa terlahir tanpa kemampuan untuk menyelesaikan masalah sampah

 

 

            Kemudian dalam skala global, terdapat Lembaga Unilever yang memiliki peran untuk membantu dalam berbagai masalah berkaitan dengan pengolahan sampah. Salah satu Upaya unilever dalam mengatasi masalah sampah ini yaitu dengan berupaya dalam mengembangkan bank sampah yang telah berdiri ditengah Masyarakat. Karena dengan bank sampah ini sampah dapat dikelola dan menjadi sumber pendapatan bagi Masyarakat.

Carroll's Pyramid, juga dikenal sebagai "CSR Pyramid" merupakan suatu model yang menunjukkan adanya 4 tingkat tanggung jawab sosial terkait dengan sampah.

  1. Level Filantropi (Philanthropic Responsibility):
  2. Tingkat Etika (Ethical Responsibility):
  3. Tingkat Hukum (Legal Responsibility):

4.     Tingkat Ekonomi (Economic Responsibility):

 

 

 

Shinta, A. (2013, April 9). Persepsi Terhadap Lingkungan. KUPASIANA. http://kupasiana.psikologiup45.com/2013/04/persepsi-terhadap-lingkungan.html

 

0 komentar:

Posting Komentar