Kamis, 28 Desember 2023

Essay 5 Psikologi Lingkungan TPST Klaten Tengah_Moh Ammar Farhan M

 Nama : Moh.Ammar Farhan Maajid

Nim : 22310410021

Prodi : Psikologi A1

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA





Kabupaten Klaten merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang gencar melakukan pengelolaan sampah melalui konsep Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST). Di kecamatan Klaten Tengah sendiri, TPST dibangun dengan tujuan mengurangivolume sampah yang dikirim ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Jomboran.

 

TPST Klaten Tengah menggunakan metode pengomposan dan daur ulang sebagai inti pengelolaan sampahnya. Sampah organik diolah menjadi pupuk kompos melalui proses fermentasi aerobik. Sementara itu, sampah anorganik seperti plastik, kertas, dan logam dipilah dan didaur ulang oleh bank sampah.

 

Dari sisi manajemen, TPST Klaten Tengah melibatkan kerja sama multipihak. Pemerintah Kabupaten Klaten menyediakan lahan, peralatan, dan anggaran operasional. Sedangkan manajemen sehari-hari dilakukan koperasi yang beranggotakan pemulung. Masyarakat juga dilibatkan melalui program pengomposan skala rumah tangga.

 

Program TPST di Klaten Tengah sudah berjalan cukup efektif. Volume sampah yang dikirim ke TPA berkurang hingga 40%. Pupuk kompos dan daur ulang sampah anorganik juga menghasilkan nilai ekonomi yang membantu keuangan operasional. Dengan pola manajemen yang melibatkan multipihak ini, diharapkan TPST Klaten Tengah dapat menjadi model pengelolaan sampah yang berkelanjutan di Jawa Tengah.


0 komentar:

Posting Komentar