Kamis, 28 Desember 2023

Essay 5 belajar kelola sampah di TPST Randu Alas

 

Tugas Psikologi Lingkungan

Esay 5 Belajar Pengelolahan Sampah Di TPST Randu Alas

Chony Babys

23310420002

Dosen pengampu : Dr.,Dra Arundi Shinta,MA

 



 

Kegiatan

 

Melakukan kegiatan belajar pengelolahan sampah di TPST Randu Alas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pendahuluan

 

      TPST (Tempat Pemrosesan Sampah Terpadu) adalah fasilitas tempat sampah diolah secara terpadu, yang melibatkan berbagai proses pengelolaan sampah, seperti pemilahan, pengolahan, dan pembuangan akhir dari sampah- sampah rumah tangga yang di kelolah. Menurut saya ada beberapa alasan kenapa penting untuk melakukan kegiatan belajar di TPST adalah sebagai berikut:

1.      Mendapatkan pengalaman langsung

Kunjungan ke TPST memberikan saya pengalaman langsung dan praktis terkait dengan pengelolaan sampah. Saya dapat melihat secara langsung bagaimana proses-proses tersebut dilakukan di lapangan.

2.      Penerapan Teori dalam Konteks Nyata

Saya dapat mengaplikasikan konsep-konsep teori yang dipelajari dalam kelas ke dalam konteks nyata di TPST. Hal ini membantu saya memahami hubungan antara teori dan praktik dalam manajemen sampah.

3.      Lebih memahami proses pengelolaan sampah

Kunjungan ke TPST memungkinkan saya untuk memahami lebih dalam tentang berbagai tahapan dalam pengelolaan sampah, seperti pemilahan, daur ulang, dan pengolahan sampah organik.

4.      Kesempatan penelitian dan analisis

Kunjungan ke TPST dapat memberikan kesempatan buat saya untuk melakukan penelitian lapangan atau analisis lebih lanjut terkait dengan aspek-aspek tertentu dari pengelolaan sampah.

 

 

 

 

 

Tujuan kegiatan

 

 

 

1.      Untuk menanamkan sikap peduli lingkungan pada mahasiswa Kunjungan ke TPST dapat membantu kami mahasiswa untuk memahami urgensi dan pentingnya peran kami dalam menjaga lingkungan. Hal ini dapat merangsang pembentukan sikap peduli lingkungan yang lebih kuat.

2.      Memberikan pemahaman dampak lingkungan

Melalui observasi langsung, saya dapat melihat dampak lingkungan dari kegiatan pengelolaan sampah. Ini dapat meningkatkan kesadaran saya tentang pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

 

 

 

 

 

 

 

Isi kegiatan

 

 

 

1.      Melakukan kunjungan ke TPST Randu Alas

Pada kegiatan ini kami bersama-sama dengan Dosen melakukan kunjungan ke TPST Randu Alas untuk melihat langsung bagaimana pegelolaan sampah yang dilakukan TPST randu alas ini

2.      Melakukan wawancara dengan pihak pengelolah TPST Randu Alas

Pada kegiatan kami memiliki kesempatan untuk mewawancarai pihak pengelolah TPST untuk menggali infirmasi mengenai pengelolaan sampah yang dilakukan dan kendala apa saja yang di hadapi. Kami juga mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung kondisi di dalam TPST Randu Alas.

 

 

Hasil Kegiatan

 

     Kegiatan ini memberikan hasil yang sangat positif bagi mahasiswa yang terlibat. Karena meningkatan keterlibatan kami mahasiswa dalam aktivitas di luar kelas seperti kunjungan ke TPST. ini dapat meningkatkan keterlibatan kami dalam proses pembelajaran langsung. Karena kami lebih antusias ketika memiliki kesempatan untuk belajar dari pengalaman langsung.

 

 

 

 

 

 

Kesimpulan

 

 

 

 

     Pengelolaan sampah yang efektif memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat, Pendidikan dan kampanye yang terus-menerus juga diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran mereka dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Selain itu, kerjasama antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sangat penting untuk menciptakan sistem pengelolaan sampah yang berkelanjutan untuk mencapai lingkungan yang lebih bersih, kesehatan masyarakat yang lebih baik, dan meminimalkan dampak negatif sampah terhadap ekosistem.

     Oleh karena itu, pengelolaan sampah yang efektif bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga merupakan komitmen bersama untuk melibatkan semua pihak dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup kita.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar