Kamis, 28 Desember 2023

Essay 6 Psikologi Lingkungan Moh Ammar Farhan Maajid

 Nama : Moh.Ammar Farhan Maajid

Nim : 22310410021

Prodi : Psikologi A1

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA




Menjadi Nasabah di Bank Sampah Srikandi Desa Candirejo


Sejak lama saya memperhatikan jika pengelolaan sampah di lingkungan tempat tinggal saya di desa Candirejo masih kurang optimal. Masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan atau menumpuknya hingga mengganggu pemandangan. Padahal sampah yang berserakan tidak hanya mengganggu estetika, tapi juga berpotensi mencemari tanah dan air sekitar.

 

Oleh karena itu, beberapa waktu lalu saya sangat antusias ketika mengetahui ada pendirian Bank Sampah Srikandi di desa kami. Saya pun tertarik untuk segera mendaftar menjadi nasabah bank sampah tersebut.

 

Setelah mendaftar, saya diberikan keterangan rinci mengenai mekanisme bank sampah ini. Mulai dari aturan menabung sampah, jenis sampah yang bisa ditabung, hingga cara menukarnya dengan uang. Saya juga diajak untuk mengelilingi fasilitas bank sampah, mulai dari tempat pemilahan sampah, penimbangan, hingga tempat pengepresan dan penjualan ke mitra daur ulang.

 

Selain itu, saya juga diberikan pelatihan dan edukasi pentingnya mengelola sampah dengan benar. Bagaimana dampak sampah bagi lingkungan serta manfaat yang bisa kita peroleh dari mendaur ulang berbagai jenis sampah anorganik seperti plastik, kaca, kaleng, kertas, dan lainnya. Pemahaman saya mengenai pengelolaan sampah rumah tangga jadi semakin meningkat.

 

Sejak itu, setiap 1 minggu sekali saya rutin menabungkan sampah anorganik hasil pemilahan dari rumah saya ke Bank Sampah Srikandi. Saya memilahnya menjadi beberapa jenis sesuai panduan yang diberikan. Setiap kali menabung, sampah-sampah saya ditimbang dan diberikan poin sesuai berat dan jenisnya. Poin ini nantinya bisa saya tukar dengan uang tunai.

 

Saya rasa kehadiran Bank Sampah Srikandi ini sangat positif untuk mendorong partisipasi warga dalam mengelola sampah. Tidak hanya dampak ekonominya yang dirasakan langsung oleh nasabah, tapi yang lebih penting kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup juga meningkat.

 

Dengan senang hati saya akan terus mengajak tetangga dan kerabat untuk bergabung menjadi nasabah Bank Sampah Srikandi. Semoga dengan semakin banyaknya nasabah, volume sampah yang berhasil didaur ulang makin besar dan pengelolaannya bisa makin rapi, sehingga lingkungan desa kami menjadi bersih, sehat dan nyaman untuk ditinggali.



0 komentar:

Posting Komentar