Kamis, 28 Desember 2023

Essay 4 Psikologi Lingkungan Moh.Ammar Farhan Maajid

Nama : Moh.Ammar Farhan Maajid

Nim : 22310410021

Prodi : Psikologi A1

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA


Membuat Kompos dari Daun Kering 




Membuat kompos dari daun kering merupakan salah satu cara sederhana untuk memanfaatkan limbah daun yang berserakan di halaman rumah menjadi pupuk organik berguna bagi tanaman. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari mengolah daun kering menjadi kompos.

 

Tahapan membuat kompos daun kering dimulai dengan mengumpulkan daun kering dari berbagai jenis pohon, seperti daun mangga, jambu, sawo, dan lainnya. Daun dipilih yang benar-benar sudah kering, biasanya yang telah menguning dan mudah patah. Kumpulkan daun dalam jumlah yang banyak di satu wadah besar. Lalu iris tipis daun tersebut guna mempercepat proses dekomposisi.

 

Setelah itu, campurkan daun yang sudah diiris dengan bahan aktifator. Fungsi dari aktifator adalah mempercepat proses fermentasi agar kompos cepat matang. Aktifator bisa berupa pupuk kandang, seperti pupuk sapi, kuda, kambing, atau unggas. Takaran pupuk kandang yang dicampur kurang lebih seperempat sampai setengah dari volume daun yang akan dikomposkan. Selain menggunakan pupuk kandang, dapat juga ditambahkan cairan decomposer atau EM4 agar perombakan daun lebih cepat.

 

Setelah daun kering dicampur aktifator, siapkan wadah besar untuk meletakkan tumpukan campuran daun tersebut. Wadah yang baik adalah toples plastik ukuran besar atau tong plastik yang tidak dipakai. Pastikan wadah bersih dari sisa kotoran supaya proses kompos daun tidak terhambat.

 

Setelah bahan campuran kompos dimasukkan dalam wadah, ratakan dan padatkan permukaannya. Letakkan tutup wadah longgar agar supaya ada sirkulasi udara yang masuk. Lalu biarkan tumpukan daun tersebut dalam jangka waktu 1 bulan hingga 2 bulan. Jangan lupa untuk rutin membalik dan mengaduk tumpukan kompos supaya prosesnya merata.

 

Ketika 2 bulan, kompos yang dihasilkan mulai matang dan berubah warna menjadi lebih gelap. Kompos juga akan berbentuk remah jika diremas. Pada tahap ini kompos daun siap disaring dengan ayakan sehingga didapatkan tekstur yang halus untuk keperluan mencampur media tanam.

 

Jika masih ada potongan daun yang besar, hal tersebut bisa dipisahkan untuk diproses kompos ulang hingga hancur dan matang sempurna. Sedangkan kompos daun halus sudah siap digunakan untuk menyuburkan tanaman di pot.

0 komentar:

Posting Komentar