Kamis, 28 Desember 2023

Esai UAS Psikologi Lingkungan Anisa Nur Fitriani (21310410190)

 

UAS PSIKOLOGI LINGKUNGAN DESEMBER 2023

 

 

Psikologi Lingkungan

Anisa Nur Fitriani

21310410190

 

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 

            Beberapa hubungan antara perilaku seseorang dengan UU No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah yaitu adanya persepsi terhadap kepentingan pribadi yang dimana ketika seseorang melihat sampah itu tidak mendukung kepentingan pribadinya maka mereka akan cenderung membangkang. Yang kedua adalah adanya kurang kesadaran dari dampak negatif lingkungan dari perilaku mereka yang tidak merasa terdorong untuk mengikuti regulasi terkait sampah.

 

            Ada beberapa faktor lain yaitu ekonomi yang dimana ketika seseorang memiliki persepsi bahwa sampah memengaruhi biaya pengelolaan sampah. Faktor berikutnya yaitu kurangnya penegakan hukum dimana ketika peraturan penegakan hukum tentang sampah tidak berjalan dengan baik maka itu bisa membuat seseorang menjadi tidak mematuhi peraturan yang ada. Faktor lain diantaranya juga ada pendidikan dan kesadaran dimana ketika seseorang tidak mendapatkan edukasi yang tepat tentang permasalahan ini makan seseorang itu cenderung tidak mendukung kegiatan tentang sampah.

 

            Dalam hal ini, upaya penegakan hukum yang konsisten sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bisa mengelola sampah dengan baik.

 

             Ada 5 (lima) aspek penting yang perlu diketahui dalam pengelolaan sampah yaitu hukum, kelembagaan, pendanaan, sosial budaya, dan teknologi. Proses pengolahan sampah tidak hanya tentang reducereuse, dan recycle, namun terdapat aspek lain yang perlu menjadi perhatian yaitu soal tentang bagaimana dapat menerapkan kelima aspek tersebut.

 

            Misalnya penerapan aspek sosial budaya dapat dikembangkan dalam lingkungan masyarakat melalui sosialisasi pengelolaan sampah. Pengelolaan sampah yang dimana bersumber dari lingkungan rumah juga merupakan bentuk partisipasi aktif dalam meminimalisir pembuangan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sehingga penanganan sampah dikelola dengan baik, tentunya akan berdampak pada kualitas hidup yang asri, nyaman, dan berkelanjutan dan tidak menimbulkan dampak negative terhadap lingkungan.

 

            Seperti yang dapat kita lihat contohnya adalah perusahaan uniliver dimana ia juga menggunakan hukum untuk menjalankan perusahaan besar yaitu dengan lensa Piramida Carroll yaitu  :

 

 


1.     Tanggung jawab ekonomi : Dimana uniliver sangat memiliki tanggung jawab untuk menciptakan nilai ekonomi bagi pemegang saham uniliver dan perekonomian masyarakat. Dimana mereka melakukan pemberdayaan mereka untuk mengelola sampah dengan efisien.

2.     Tanggung jawab hukum : Uniliver harus mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku dalam pengelolaan sampah yang dimana mereka harus bisa memastikan bahwa kegiatan tersebut sudah sesuai dengan regulasi dan konstributif terhadap upaya pemenuhan ketentuan UU Pengelolaan Sampah.

3.     Tanggung jawab etika : Uniliver dapat mengambil langkah langkah yang etis dengan mendukung bank sampah sebagai upaya pengelolaan sampah berkelanjutan.

4.     Tanggung jawab filantropi : Di puncak Piramida Carroll Uniliver dapat berkonstribusi secara filantropis dengan menyediakan sumber daya tambahan seperti pelatihan, pendanaan, ataupun infrastruktur untuk mendukung kegiatan pembinaan bank sampah.

 

 

            Saya memiliki contoh kegiatan yang dilakukan uniliver yaitu di bank sampah yang saya tahu dan saya jadikan tempat untuk menabung sampah yaitu di Bank Sampah Surolaras dimana bank sampah ini didukung oleh Uniliver untuk kegiatannya.


            Diharapkannya semakin banyak orang yang mendukung dan bisa melakukan kegiatan tersebut maka bisa diharapkan untuk TPA dan TPS yang ada bisa lebih mudah untuk mengelola sampah dan tidak banyak sampah yang sembarangan menumpuk.

 

 

REFERENSI :

 

https://www.unilever.co.id/news/press-releases/2021/unilever-indonesia-dorong-peran-aktif-masyarakat-melalui-generasipilahplastik/

https://www.unilever.co.id/news/press-releases/2021/unilever-indonesia-dorong-peran-aktif-masyarakat-melalui-generasipilahplastik/

https://www.essaypandas.com/essay/13891-Unilever-Corporate-Social-Responsibility

 

0 komentar:

Posting Komentar