Kamis, 28 Desember 2023

ESSAY UAS PSIKOLOGI LINGKUNGAN - MUHAMMAD FAHKRI WAHYU SYAHPUTRA (22310410029-SJ)


LINGKUNGAN MEMPENGARUHI PERSEPSI

Psikologi Lingkungan Essay Ujian Akhir Semester

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Disusun Oleh:

Muhammad Fahkri Wahyu Syahputra

22310410029

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKUKTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

2023

 

            Hubungan antara persepsi dengan perilaku orang-orang yang sering membangkang perintah UU No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengolahan Sampah. Pertama tama kita harus pahami apa itu persepsi. Persepsi ialah cara suatu cara yang dilakukan manusia dalam melihat suatu hal/obyek .Dalam hal ini persepsi yang digunakan ialah persepsi lingkungan. Persepsi terhadap lingkungan hidup adalah cara-cara individu memahami dan menerima stimulus lingkungan yang dihadapinya. Proses pemahaman tersebut menjadi lebih mudah karena individu mengaitkan objek yang diamatinya dengan pengalaman tertentu, dengan fungsi objek, dan dengan menciptakan makna-makna yang terkandung dalam objek itu. Penciptaan makna-makna itu terkadang meluas, sesuai dengan kebutuhan individu (Fisher, Bell, & Baum, 1984).

Namun dalam pelaksanaanya  Pandangan seseorang terhadap UU No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengolahan Sampah  masih rendah  hal ini dipengaruhi oleh salah satunya  tingkat pengetahuannya tentang aturan tersebut. Jika seseorang tidak memiliki pemahaman yang cukup tentang pentingnya pengolahan sampah yang sesuai dengan undang-undang, mereka mungkin cenderung membangkang perintah tersebut. Beberapa faktor  yang mempengaruhi hal tersebut seperti faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu kesadaran pengolahan Sampah sedangkan factor eksternal mencakup hal seperti lingkungan dan pola asuh seseorang yang dapat mengakibatkan orang dalam pengolahan sampah kurang menyadari atau enggan mengelola sampah

Karena persepsi yang timbul dari lingkunagnya bahwa sampah itu hal yang menjijikan atau hal yang tidak penting untuk diperhatikan serta tidak akan berdampak besar untuk perubahan ekonominya. Serta hukuman yang masih kurang penindakannya. Maka dari itu perlu adanya sosialisasi terhadap Undaang-Undang tersebut serta peneggakan hukum yang efektif .

Peranan Unilever terhadap pembinaan bank sampah di masyarakat melalui Piramida Carroll.Perusahaan Unilever memiliki peran yang signifikan dalam pembinaan bank sampah di masyarakat melalui beberapa aspek dalam Piramida Carroll, yang mencakup ekonomi,Legalitas,etika,filantropi dan lingkungan serta  tanggung jawab sosial perusahaan. penjelasan peran Unilever dalam pembinaan bank sampah melalui setiap aspek:

Ekonomi: Unilever berperan dalam memberikan dukungan keuangan untuk pembentukan dan operasionalisasi bank sampah di masyarakat. Mereka menyediakan dana dan sumber daya yang diperlukan untuk memastikan keberlanjutan bank sampah.

Legalitas: Unilever bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memastikan adanya peraturan dan perundangan yang mendukung pembinaan bank sampah. Mereka membantu dalam merumuskan kebijakan dan regulasi yang relevan untuk memfasilitasi keberadaan bank sampah.

Etika: Dalam aspek ini, Unilever memainkan peran penting dalam mempengaruhi perilaku dan kesadaran sosial budaya masyarakat terkait pentingnya pengelolaan sampah yang baik. Melalui kampanye dan program sosial, mereka mendorong masyarakat untuk peduli dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan bank sampah.

Filantropi: Unilever memberikan dukungan finansial dan teknis kepada bank sampah. Mereka menyediakan pelatihan, bantuan teknologi, dan sumber daya lainnya untuk memperkuat kapasitas bank sampah dalam pengelolaan sampah yang efektif.

Lingkungan: Unilever berkomitmen untuk mengurangi dampak lingkungan dari produk-produk mereka. Melalui pembinaan bank sampah, mereka membantu dalam mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir dan mendorong praktik daur ulang yang berkelanjutan.

Dengan melibatkan diri dalam pembinaan bank sampah, Unilever secara aktif berpartisipasi dalam tanggung jawab sosial perusahaan dan berkontribusi pada pengurangan masalah sampah di masyarakat.Bukan hanya masalah sampah secara tidak langsung perusahaan Unilever juga ikut membantu perekonomian masyarakat dengan memberdayakan masyarakat sekitar untuk melaksaanakan pengolahan sampah yang hasilnya dapat dipetik oleh masyarakat setempat  .Melalui pendekatan yang holistik dan berkelanjutan, mereka memainkan peran penting dalam mengubah perilaku masyarakat terkait pengelolaan sampah.

 

Daftar Pustaka

Carroll, Archie B. 1991. The Pyramid of Corporate Social Responsibility: Toward the Moral Management of Organizational Stakeholders. Business Journal Vol 8 No 7.

http://kupasiana.psikologiup45.com/2013/04/persepsi-terhadap-lingkungan.html

 

0 komentar:

Posting Komentar