Kamis, 28 Desember 2023

Essay 4 Melakukan eksperimen kompos

 

Tugas Psikologi Lingkungan

Esay 4 Melakukan kegiatan eksperimen di rumah Dosen

Happy Johanis A. D

23310420013

Dosen pengampu : Dr.,Dra Arundi Shinta,MA

 


 

Kegiatan

 

Melakukan ekperimen membuat sabun cair

di rumah Dosen

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tujuan kegiatan

 

     Kegiatan eksperimen membuat sabun cair ini sebagai bagian dari proses pembelajaran yang efektif agar teori yang di sampaikan Dosen lebih mudah kami pahami dan kami terapkan di kehidupan sehari-hari karena berkaitan dengan dengan pengelolaan sampah secara mandiri dari sampah rumah tangga sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat dalam pencegahan dan bentuk kepedulian terhadap masalah sampah yang akhir-akhir ini menjadi perhatian banyak pihak khususnya di yogyakarta.

Berikut adalah beberapa tujuan dari kegiatan ini

1.      Penerapan Teori

     Eksperimen memungkinkan untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam kelas ke dalam situasi praktis. Ini memudahkan saya dalam memahami bagaimana konsep-konsep teoretis diterapkan dalam kehidupan nyata.

 

 

 

Isi Kegiatan

 

 

 

1.      Pembagian kelompok

Pada kegiatan ini kami di bagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan beberapa jenis eksperimen

2.      Pembagian kelompok eksperimen

Pada kegiatan ini saya mendapat kelompok yang bereksperimen membuat sabun cair.

    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Eksperimen

 

 

Bahan-bahan yang di gunakan dalam eksperimen ini adalah:

1.      Mes 250 gram

2.      Garam dapur 50 gram

3.      Foam booster 25 gram

4.      Gliserin 50 gram

5.      Air bersih

6.      Eco enzym 300 ml

Alat – alat yang di perlukan:

1.      Kompor

2.      Wadah

3.      Neraca

4.      Pengaduk

Proses eksperimen:

Panaskan 2 liter sampai mendidih kemudian campurkan dengan 250 gram Mes dan 50 gram garam dapur lalu aduk sampai larut. Kemudian campurkan gliserin dan foam booster lalu aduk perlahan sampai tercampur merata.

Masukan 2 liter air dingin ke dalam adukan lalu aduk sampai dingin, setelah cukup dingin campurkan Eco enzyme dan aduk perlahan. Kemudian diamkan bahan di dalam wadah berisi air dingin agar semua bahan tercampur sempurna. tampilan sabun menjadi bening atau transparan jika sudah dingin. Setelah itu campurkan cairan aromatic ke dalam campuran agar sabun jadi lebih wangi dan siap untuk digunakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasil Kegiatan

Eksperimen ini dapat membuat proses pembelajaran lebih menarik karena mahasiswa mempraktekan secara langsung. Bahkan kami semua cenderung lebih terlibat dan antusias ketika terlibat secara langsung dalam kegiatan ini.

1.      Pengembangan Keterampilan Praktis

Melalui kegiatan ini dapat mengembangkan keterampilan praktis kami mahasiswa seperti keterampilan laboratorium, pengamatan, analisis data, dan kemampuan pemecahan masalah. Ini adalah keterampilan yang sangat berharga dalam berbagai bidang pekerjaan.

 

2.      Pengembangan teori

Melalui eksperimen ini saya dapat mengembangkan sikap seperti keingintahuan, ketekunan, dan ketelitian. Dan dari eksperimen ini saya belajar untuk memahami bahwa hasil eksperimen mungkin tidak selalu sesuai dengan harapan, karena pada percobaan pertama dalam membuat sabun cair saya dan teman melakukan sedikit kesalahan yang membuat hasil sabun cairnya kurang sempurna dan hal itu bisa menjadi bagian dari proses pembelajaran.

 

 

 

 

Kesimpulan

 

 

 

 

Pada kegiatan eksperimen ini mengajarkan pentingnya dalam proses pembelajaran.

kegiatan eksperimen tidak hanya memperdalam pemahaman akademis, tetapi juga membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan dalam menjaga lingkungan dan menggunakan bahan-bahan yang tidak terpakai menjadi barang yang berguna.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar