Tugas Psikologi Lingkungan
Esay 4 Melakukan kegiatan eksperimen di rumah Dosen
Happy Johanis A. D
23310420013
Dosen pengampu : Dr.,Dra Arundi Shinta,MA
Kegiatan |
Melakukan ekperimen membuat sabun cair di rumah Dosen |
Tujuan kegiatan |
Kegiatan eksperimen membuat
sabun cair ini sebagai bagian dari proses pembelajaran yang efektif agar
teori yang di sampaikan Dosen lebih mudah kami pahami dan kami terapkan di
kehidupan sehari-hari karena berkaitan dengan dengan pengelolaan sampah
secara mandiri dari sampah rumah tangga sehingga kegiatan ini sangat
bermanfaat dalam pencegahan dan bentuk kepedulian terhadap masalah sampah
yang akhir-akhir ini menjadi perhatian banyak pihak khususnya di yogyakarta. Berikut adalah beberapa tujuan dari kegiatan ini 1.
Penerapan Teori Eksperimen memungkinkan untuk
mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam kelas ke dalam situasi
praktis. Ini memudahkan saya dalam memahami bagaimana konsep-konsep teoretis
diterapkan dalam kehidupan nyata. |
Isi Kegiatan |
1.
Pembagian kelompok Pada kegiatan ini kami di bagi
menjadi beberapa kelompok untuk melakukan beberapa jenis eksperimen 2.
Pembagian kelompok
eksperimen Pada kegiatan ini saya mendapat
kelompok yang bereksperimen membuat sabun cair. |
Eksperimen |
Bahan-bahan yang di gunakan
dalam eksperimen ini adalah: 1.
Mes 250 gram 2.
Garam dapur 50 gram 3.
Foam booster 25
gram 4.
Gliserin 50 gram 5.
Air bersih 6.
Eco enzym 300 ml Alat – alat yang di perlukan: 1.
Kompor 2.
Wadah 3.
Neraca 4.
Pengaduk Proses eksperimen: Panaskan 2 liter sampai
mendidih kemudian campurkan dengan 250 gram Mes dan 50 gram garam dapur lalu
aduk sampai larut. Kemudian campurkan gliserin dan foam booster lalu aduk
perlahan sampai tercampur merata. Masukan 2 liter air dingin ke
dalam adukan lalu aduk sampai dingin, setelah cukup dingin campurkan Eco
enzyme dan aduk perlahan. Kemudian diamkan bahan di dalam wadah berisi air
dingin agar semua bahan tercampur sempurna. tampilan sabun menjadi bening
atau transparan jika sudah dingin. Setelah itu campurkan cairan aromatic ke
dalam campuran agar sabun jadi lebih wangi dan siap untuk digunakan. |
Hasil Kegiatan |
Eksperimen ini dapat membuat
proses pembelajaran lebih menarik karena mahasiswa mempraktekan secara
langsung. Bahkan kami semua cenderung lebih terlibat dan antusias ketika terlibat
secara langsung dalam kegiatan ini. 1. Pengembangan Keterampilan Praktis Melalui kegiatan ini dapat mengembangkan keterampilan
praktis kami mahasiswa seperti keterampilan laboratorium, pengamatan,
analisis data, dan kemampuan pemecahan masalah. Ini adalah keterampilan yang
sangat berharga dalam berbagai bidang pekerjaan. 2. Pengembangan teori Melalui eksperimen ini saya dapat mengembangkan sikap seperti
keingintahuan, ketekunan, dan ketelitian. Dan dari eksperimen ini saya
belajar untuk memahami bahwa hasil eksperimen mungkin tidak selalu sesuai
dengan harapan, karena pada percobaan pertama dalam membuat sabun cair saya
dan teman melakukan sedikit kesalahan yang membuat hasil sabun cairnya kurang
sempurna dan hal itu bisa menjadi bagian dari proses pembelajaran. |
Kesimpulan |
Pada kegiatan eksperimen ini
mengajarkan pentingnya dalam proses pembelajaran. kegiatan eksperimen tidak hanya
memperdalam pemahaman akademis, tetapi juga membantu mahasiswa mengembangkan
keterampilan dalam menjaga lingkungan dan menggunakan bahan-bahan yang tidak
terpakai menjadi barang yang berguna. |
0 komentar:
Posting Komentar