Rabu, 27 Desember 2023

PSIKOLOGI LINGKUNGAN, ESAI PRESTASI, PELAYANAN MASYARAKAT, Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

 PENYULUHAN DAN BERBAGI BERKAH DI PANTI ASUHAN

Juliani Mariati Larosa

NIM: 22310410072

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 



Pelayanan masyarakat merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat secara umum. Salah satu bentuk pelayanan masyarakat yang memiliki dampak yang besar adalah penyuluhan dan berbagi berkah di panti asuhan. Pada hari Kamis, tanggal 21 Desember 2023, saya dan teman-teman saya melakukan psikoedukasi berupa penyuluhan sekaligus memberikan sedikit bantuan kepada anak-anak panti tepatnya di Panti Asuhan Al Wahhab Sinar Melati 11, Dero, Condong Catur, Kec. Depok, Keb. Sleman, DIY. Tujuan kami ke sana yaitu untuk melakukan penyuluhan yang membahas materi tentang bullying dan bahaya perundungan sekaligus pemberian beberapa bingkisan berupa bantuan dari kami. Kegiatan psiko edukasi di panti asuhan Al Wahab sangat menyenangkan karena anak-anak di sana mau terbuka dan mau belajar bersama kami. Saya yang bertugas sebagai moderator sekaligus pemateri selama sesi pemaparan materi. Kegiatan ini tidak hanya memberikan bantuan materi dan fisik kepada anak-anak yang ada di panti, tetapi juga mengacu pada prinsip-prinsip psikologi yang kami berikan atau paparkan yang membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan psikologis anak-anak yang ada di sana.

Penyuluhan yang kami berikan berupa memberikan informasi, pendidikan, dan pemahaman kepada anak-anak yang ada di sana tentang topik bullying tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan keterampilan mereka. Di panti asuhan itu, kami berfokus untuk memberikan penyuluhan tentang kesehatan mental dan pengelolaan emosi. Subjek yang kami ambil ada 8 orang yaitu anak-anak SMP dan SMA karena umur mereka yang sudah seharusnya mengetahui tentang topik yang akan kami bahas. Kami berbagi pengetahuan tentang apa saja perilaku yang termasuk bullying, dampak serta ciri-ciri pelaku, korban, dan juga orang yang menyaksikan perilaku bullying, dan hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi bullying. Selain itu kami juga berbagi keceriaan kepada anak-anak panti asuhan Al wahhab dengan menonton bersama tentang perumpamaan perilaku bullying dan bermain bersama anak-anak panti. Kami juga saling berdiskusi dan berbagi cerita atau pengalaman yang berkaitan dengan topik bullying. Dari kegiatan itu saya melihat bahwa anak-anak panti merasa senang dan bahagia dan tentunya saya dan juga teman-teman saya ikut senang karena kegiatan yang kami lakukan benar-benar bermanfaat bagi orang lain.

Selain penyuluhan kami juga berbagi kepada anak-anak panti yang ada di sana. Melalui kegiatan ini saya dan teman-teman saya memiliki kesempatan untuk mendukung dan memperhatikan anak-anak yang ada di panti. Berbagi berkah dapat dilakukan dalam berbagai bentuk tanda umum mulai dari memberikan sumbangan materi seperti makanan, pakaian, hingga memberikan waktu dan perhatian langsung kepada anak-anak di panti asuhan. Saya dan kelompok saya memberikan beberapa makanan berupa snack dan juga sembako untuk keperluan panti serta beberapa bingkisan seperti buku, pulpen, dan tabungan agar mereka bisa semangat dalam belajar dan juga menabung. Tidak hanya itu, kami juga membantu menciptakan ikatan emosional dengan suasana yang penuh kasih sayang dan kehangatan, memperkuat perasaan dihargai dan diterima oleh kami. 

Dalam kegiatan psikoedukasi ini kami juga melibatkan studi tentang bagaimana lingkungan fisik dan sosial mempengaruhi kesejahteraan psikologis anak-anak. Saya tanda komandan teman-teman saya berusaha membentuk lingkungan yang aman dan mendukung. Dalam panti asuhan, penting untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan mendukung. Dari kegiatan penyuluhan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman tentang pentingnya lingkungan yang baik dan menciptakan lingkungan nyaman tersebut dari orang-orang yang ada di lingkungan tersebut.

Kami juga mencoba meningkatkan rasa keterhubungan dan kebersamaan 5. Dari aktivitas penyuluhan dan psiko edukasi dengan bermain bersama dan sharing bersama kami menciptakan suasana saling peduli, serta bertukar cerita antara saya dan teman-teman saya dan anak-anak yang tinggal di panti asuhan. Ini membantu membangun rasa keterhubungan dan memberikan perasaan bahwa anak-anak tersebut dihargai dan termasuk dalam komunitas kami.

Penyuluhan di panti asuhan juga dapat membantu meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kesadaran anak-anak. Melalui kegiatan psiko edukasi kami memberikan kesempatan untuk merasakan kegembiraan dan kehangatan yang mendorong mereka untuk mengoptimalkan potensi mereka dalam menghadapi tantangan kehidupan. 



Kesimpulan

Pelayanan masyarakat dalam bentuk psikoedukasi seperti penyuluhan dan berbagai berkah di panti asuhan memiliki peran penting dalam membawa manfaat yang signifikan bagi mereka yang membutuhkan. Kegiatan ini juga konsisten dengan prinsip-prinsip psikologi lingkungan, yang mengedepankan pembentukan lingkungan yang aman, mendukung, dan bermakna. Melalui penyuluhan, anak-anak di panti asuhan dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengatasi kesulitan hidup dan mempersiapkan masa depan mereka. Kegiatan psikoedukasi seperti ini memberikan mereka harapan, dukungan, dan kesempatan bagi anak-anak di panti asuhan untuk tumbuh belajar, dan mencapai kehidupan yang lebih baik. Sementara itu, berbagi berkah melalui waktu, perhatian, dan kasih sayang memberikan kebahagiaan dan membangun rasa percaya diri pada anak-anak tersebut. Ketika individu dan masyarakat secara aktif terlibat dalam pelayanan semacam ini, mereka tidak hanya memberikan manfaat bagi anak-anak di panti asuhan, tetapi juga turut menciptakan perubahan sosial dan positif dalam masyarakat secara keseluruhan.

Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar